Kartu Merah Matthijs de Ligt Penyebab Belanda Disingkirkan Republik Ceko di Piala Eropa 2020

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 28 Juni 2021 02:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 51 2431788 kartu-merah-matthijs-de-ligt-penyebab-belanda-disingkirkan-republik-ceko-di-piala-eropa-2020-vYwVAArt5S.jpg Matthijs de Ligt. (Foto/Reuters)

BUDAPEST Timnas Belanda tersingkir dari Piala Eropa 2020 setelah menelan kekalahan saat menghdapi Republik Ceko pada babak 16 Besar. Matthijs de Ligt menilai pemberian kartu merah kepadanya menjadi penyebab negaranya tak bisa melanjutkan ke perempatfinal.

Bermain di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, pada Minggu, 27 Juni 2021, De Ligt tampil kuat dan konsisten selama jalannya babak pertama. Tim Oranje mampu menahan serangan para penyerang Ceko dan mengakhiri babak dengan 0-0.

Foto/Reuters

Malapetaka terjadi pada menit 55 di babak kedua. De Ligt yang mencoba menghalangi lari salah seorang pemain Ceko dan harus terjatuh hingga secara refleks menghentikan laju bola dengan tangannya.

Baca juga: Man of The Match Belanda vs Republik Ceko: Tomas Holes

Wasit yang awalnya hanya memberikan kartu kuning, melihat tayangan ulang VAR untuk menganalisis secara detail kejadian tersebut. Akhirnya, De Ligt dianggap sebagai pemain terakhir yang melakukan pelanggaran tersebut sehingga pantas diganjar kartu merah.

Baca juga: Hasil Piala Eropa: Matthijs de Ligt Kartu Merah, Belanda Takluk dari Republik Ceko

Setelahnya, Belanda dengan 10 pemainnya tak mampu menahan serangan Ceko yang semakin gencar. Alhasil, terciptalah dua gol dari kaki Tomas Holes (68’) dan Patrik Schick (80’).

De Ligt pun menyampaikan rasa penyesalannya secara ceroboh melakukan tindakan tersebut. Padahal menurutnya, Timnas Belanda memiliki kendali atas jalannya pertandingan.

“Saya pikir kami memiliki permainan di bawah kendali. Kami memiliki beberapa peluang, terutama di babak pertama. Saya juga tidak merasa mereka menciptakan banyak peluang. Tapi kartu merah jelas membuat perbedaan,” ucap De Ligt dikutip laman resmi UEFA, Senin (28/6/2021).

“Tentu saja, rasanya tidak enak. Kami pada dasarnya kalah dalam pertandingan karena apa yang saya lakukan. Kalau dipikir-pikir, saya seharusnya tidak membiarkan bola memantul," sesal pemain Juventus tersebut.

Foto/Reuters

Dengan ini, berhentilah sudah perjalanan tim asuhan Frank de Boer di Piala Eropa 2021 ini. Hasil ini menambah catatan tim Oranje yang belum pernah juara di ajang ini setelah terakhir kali pada 1988.

Sementara bagi Ceko tampil di perempat final merupakan ulangan sejarah yang terakhir kali mereka dapatkan pada 2012 silam. Dalam laga nanti, tim asuhan Jaroslav Silhavy akan menghadapi Denmark pada Sabtu 3 Juli 2021 mendatang di Baku Olympic Stadium.

Saksikan siarang langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini