Share

Hadapi Belgia, Pelatih Portugal Pastikan Cristiano Ronaldo Dkk Bakal Main Biasa

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 27 Juni 2021 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 27 51 2431531 hadapi-belgia-pelatih-portugal-pastikan-cristiano-ronaldo-dkk-bakal-main-biasa-LpOgJss3N6.JPG Cristiano Ronaldo di sesi latihan Timnas Portugal. (Foto: Reuters)

SEVILLA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Portugal, Fernando Santos, menyebut timnya sudah sangat siap menyambut Belgia di babak 16 besar Piala Eropa 2020 pada Senin 28 Juni 2021 dini hari WIB nanti. Persiapan sudah dilakukan, tapi Santos memastikan Portugal akan bermain seperti biasanya.

Santos menyebut Portugal takkan mengubah gaya permainan mereka saat menghadapi Belgia nanti. Menurutnya, Portugal harus memiliki prinsip permainan dan tetap memegang teguh hal tersebut ketika menghadapi tim mana pun.

Bagi Santos, Portugal takkan mengubah gaya permainannya disetiap lawan yang berbeda hanya demi menemukan formula yang tepat untuk mengalahkan tim tersebut. Menurutnya pergantian cara bermain di setiap lawan yang berbeda adalah hal yang dilakukan tim-tim kecil.

Baca Juga: Roberto Mancini Resmi Jadi Pelatih Pertama yang Bawa Italia Tak Terkalahkan di 31 Laga

Pelatih Tmnas Portugal, Fernando Santos

Portugal tentunya adalah tim besar yang merupakan kandidat juara Piala Eropa 2020. Jadi, Santos akan mencoba memenangkan laga melawan Belgia di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol itu dengan cara permainan mereka seperti biasanya.

Sekali pun pada saat pertandingan nanti Portugal mengubah gaya permainan mereka, Santos menegaskan itu karena keinginannya melihat perubahan terhadap timnya. Bukan karena pihak lawannya, dalam hal ini adalah Belgia.

“Kami harus berpegang pada prinsip kami. Jika kami melakukan perubahan (permainan), itu karena kami ingin bermain dengan cara tertentu. Kami tidak mengubah hal itu (cara bermain Portugal) hanya karena lawan kami. Sebab itulah yang dilakukan tim kecil,” kata Santos, dikutip dari laman resmi UEFA, Minggu (27/6/2021).

Dengan perkataan itu, Santos seakan menegaskan bahwa para pemain Portugal saat menghadapi Belgia nanti takkan jauh berbeda seperti di tiga laga fase grup sebelumnya. Menariknya, tentu hal itu bisa memberikan kerugian untuk Portugal.

Pasalnya jika tidak dilakukan rotasi pemain, akan ada banyak pemain Portugal yang kelelahan saat melawan Belgia nanti. Santos pun menyadari hal itu dan hendak melakukan pergantian di lini tengah Portugal.

Akan tetapi, Santos masih menunggu latihan terakhir Portugal untuk melihat kondisi para pemainnya. Setelah melihat kondisi pemain, barulah Santos menentukan 11 pemain pertama yang akan turun di awal laga melawan Belgia.

Para pemain Portugal

“Saya tahu kami harus menyegarkan lini tengah dengan memainkan Joao (Moutinho) dan Renato (Sanches). Besok, kita lihat saja. Tim telah beristirahat selama empat hari, kami akan memiliki sesi latihan terakhir hari ini. Kami tidak tahu apa yang akan terjadi, jadi kami akan memutuskan siapa yang bermain besok,” tutupnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini