Diuntungkan Jalur yang Enteng, Timnas Belanda Juara Piala Eropa 2020?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 51 2430067 diuntungkan-jalur-yang-enteng-timnas-belanda-juara-piala-eropa-2020-wqyXS8sVPp.jpg Timnas Belanda calon kuat juara Piala Eropa 2020. (Foto: REUTERS/Olaf Kraak)

TIM Nasional (Timnas) Belanda berada di jalur yang realif enteng di fase gugur Piala Eropa 2020. Hal ini otomatis memperbesar Langkah Der Oranje -julukan Timnas Belanda– untuk keluar sebagai juara Piala Eropa 2020.

Skuad asuhan Frank de Boer ini tampil luar biasa di fase grup. Memphis Depay dan kawan-kawan menyapu bersih tiga laga di fase grup dengan kemenangan.

Timnas Belanda

Berturut-turut, Belanda menang 3-2 atas Ukraina, menumbangkan Austria 2-0 dan menghajar Makedonia Utara 3-0. Hasil ini membuat Belanda keluar sebagai juara Grup C Piala Eropa 2020 dengan koleksi poin sempurna yakni sembilan angka.

Di babak 16 besar, Belanda bertemu Republik Ceko yang lolos melalui jalur peringkat tiga terbaik. Laga ini akan digelar di Stadion Puskas Arena, Budapest, pada Minggu 27 Juni 2021 pukul 23.00 WIB.

Jika sanggup mengalahkan Republik Ceko, Belanda hanya bersua pemenang laga Wales vs Denmark di perempatfinal Piala Eropa 2020. Di atas kertas, Belanda diprediksi mampu mengalahkan calon-calon lawannya tersebut.

BACA JUGA: Bagan 16 Besar hingga Final Piala Eropa 2020, Portugal dan Prancis Bertemu Lagi di Semifinal?

Tantangan berat kemungkinan baru dihadapi Belanda di semifinal. Di babak ini, Belanda berpotensi menghadapi salah satu dari Inggris dan Jerman

Inggris dan Jerman sendiri akan saling bentrok di babak 16 besar. Meski begitu, Belanda pun tak perlu gentar menghadapi dua tim di atas. Meski meraih tujuh poin dalam tiga laga di fase grup, performa Inggris tak meyakinkan.

Timnnas Belanda

Skuad asuhan Gareth Southgate hanya mencetak dua gol dalam tiga pertandingan. Sementara Jerman, hampir kalah dari tim medioker, Hungaria, di fase grup. Bahkan, kekalahan itu hampir dialami Jerman di kandang sendiri.

Karena itu, jika dewi fortuna memihak kepada Belanda, jangan heran jika pada akhirnya Der Oranje keluar sebagai juara Piala Eropa 2020. Jika menjadi juara, ini merupakan gelar kedua mereka di ajang Piala Eropa.

Sebelumnya, Belanda menjadi kampiun Piala Eropa 1988. Saat itu di partai puncak, Belanda menang 2-0 atas Uni Soviet via gol-gol Ruud Gullit dan Marco van Basten.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini