5 Gol Bunuh Diri Terkonyol, Nomor 1 Terbaik di Dunia

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2429117 5-gol-bunuh-diri-terkonyol-nomor-1-terbaik-di-dunia-j1RK1NtemQ.jpg Santiago Vergini (Foto: Facebook Sunderland)

GOL bunuh diri terkonyol memang benar-benar pernah terjadi dalam sejarah sepakbola. Ya, sepakbola memang tidak melulu soal drama dan emosional, namun beberapa momen lucu serta konyol pun kerap terjadi di atas lapangan.

Baca Juga: 5 Pemain Keturunan di Posisi Fullback yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Terutama ketika ada pemain yang secara tidak sengaja memasukkan bola ke gawangnya sendiri atau lebih akrab disebut gol bunuh diri. Setidaknya terdapat lima gol bunuh diri terkonyol yang pernah terjadi dalam sejarah sepakbola.

Berikut lima gol bunuh diri terkonyol di dunia:

5. Lee Dixon (Arsenal)

Lee Dixon

(Lee Dixon sempat bikin gol bunuh diri)

Nama Lee Dixon memang cukup populer di masanya. Terlebih Dixon memang sempat berstatus sebagai fullback kiri terbaik di Inggris. Namun momen yang paling diingat pada kariernya adalah gol bunuh dirinya ke gawang Arsenal.

Pada saat itu, Dixon coba memberikan backpass kepada David Seaman, namun bola yang dilepaskannya terlalu keras untuk digapai oleh sang kiper. Dari jarak 25 yards, Dixon melepaskan umpan yang justru berakhir masuk ke dalam gawangnya sendiri.

4. Andrea Consigli (Sassuolo)

Andrea Consigli

(Andrea Consigli bikin gol bunuh diri konyol)

Sepakbola Italia memang pernah dihantam oleh isu pengaturan skor. Bahkan karena permasalahan tersebut beberapa klub papan atas Liga Italia seperti Juventus, AC Milan, Fiorentina, hingga Lazio mendapatkan hukuman dari FIGC (PSSI-nya Italia).

Akan tetapi bila Anda yang tak percaya, silakan melihat gol bunuh diri yang dilakukan oleh Andrea Consigli di laga kontra Fiorentina. Dengan timnya tertinggal 2-1, penjaga gawang Italia itu memainkan umpan balik, dan mencoba mengalihkan bola ke bek kiri Sassuolo. Namun bola justru masuk ke gawangnya sendiri.

3. Geoffrey Kondogbia (Inter Milan)

Geoffre Kondogbia

(Kondogbia saat bela Inter Milan)

Tidak ada pemain yang melalui pramusim lebih berat daripada Geoffrey Kondogbia bersama Inter Milan. Setelah melalui musim peminjaman yang luar biasa bersama Valencia, Kondogbia diharapkan bisa jadi jenderal lini tengah Inter di musim 2017-2018.

Akan tetapi segalanya berubah sejak menjalani laga pramusim melawan Chelsea. Dalam pertandingan tersebut, Kondogbia mencetak gol bunuh diri yang benar-benar keren. Bermaskud melakukan umpan lambung kepada kiper dari hampir separuh lapangan, bola sepakan Kondogbia itu justru masuk ke dalam gawangnya sendiri.

2. Peter Enckelman (Aston Villa)

Peter Enckleman

(Peter Enckelman bikin gol bunuh diri)

Sebagai pesepakbola profesional, nama Peter Enckelmann memang lebih dikenal dengan gol bunuh dirinya dalam laga kontra Birmingham City. Pada sebuah momen di pertandingan tersebut, Olof Melberg bermaksud untuk memberikan bola dari lemparan ke dalam kepada Enckelman.

Enckelman pun mengontrol bola lemparan ke dalam Melberg tersebut, namun karena bola terlalu deras ia gagal menahan laju si kulit bundar. Alhasil, bola pun masuk ke dalam gawangnya sendiri dan membuat Villa takluk 0-3 dari sang lawan.

1. Santiago Vergini (Sunderland)

Santiago Vergini

(Santiago Vergini bikin gol bunuh diri yang konyol)

Apabila banyak gol bunuh diri tercipta karena kesalahan dari pemain, namun dalam kasus Santiago Vergini nampaknya pengecualian. Vergini yang pada saat itu tampil bersama klubnya, Sunderland, dalam sebuah laga kontra Southampton melalukan gol bunuh diri yang bisa dikatakan terbaik di dunia.

Vergini yang awalnya bermasuk untuk menghentikan serangan Southampton, melalukan sebuah tendangan voli. Akan tetapi sayangnya, bola hasil tendangan voli Vergini justru masuk ke dalam gawangnya sendiri dan hasil gol bunuh diri tersebut cukup keren jika dilihat kembali.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini