Timnas Belgia Kalahkan Finlandia di Piala Eropa 2020, Roberto Martinez: Itu Tidak Mudah

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2428832 timnas-belgia-kalahkan-finaldia-di-piala-eropa-2020-roberto-martinez-itu-tidak-mudah-EvxlOScltM.jpg Roberto Martinez (Foto: Reuters)

SAINT PETERSBURG – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Belgia, Roberto Martinez, mengakui pasukannya kesulitan saat melawan Finlandia pada partai pamungkas Grup B Piala Eropa 2020. Timnas Belgia baru bisa membuka skor pada babak kedua meski mendominasi permainan sejak awal.

Pertandingan Timnas Belgia kontra Finlandia berlangsung di Stadion Krestovsky, St Petersburg, Rusia, Selasa (22/6/2021), dini hari WIB. Timnas Belgia turun dengan kekuatan terbaik mereka meski telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Roberto Martinez (Foto: Reuters)

Timnas Belgia mungkin unggul kualitas pemain, tetapi mereka kesulitan untuk menembus pertahanan Finalndia. Beberapa peluang didapatkan Timnas Belgia, tetapi babak pertama tetap berakhir dengan skor kacamata.

Kesabaran Timnas Belgia berbuah hasil ketika Lucas Hradecky membuat gol bunuh diri pada menit ke-74. Setelah unggul, Timnas Belgia makin nyaman bermain.

BACA JUGA: Daftar 7 Tim yang Lolos ke 16 Besar Piala Eropa 2020

Gol kedua Timnas Belgia pun datang dari aksi Romelu Lukaku pada menit ke-81. Alhasil, pasukan Martinez menang dengan skor meyakinkan 2-0 atas Finlandia meski harus berjuang hingga menit akhir.

“Kami benar-benar fokus, profesional. Kami bertahan dengan sangat baik dan menunggu gol pertama,” kata Martinez, dikutip dari laman resmi UEFA, Selasa (22/6/2021).

“Kami tahu itu akan membuka segalanya. Kami hampir mendapatkannya pada babak pertama, tetapi kami menghadapi tim yang sulit,” ucap juru taktik asal Spanyol itu.

“Finlandia telah menjalani turnamen yang hebat. Kami harus melakukan yang terbaik untuk mendapatkan kemenangan hari ini,” tuturnya.

Romelu Lukaku vs Finlandia (Foto: Reuters)

Kemenangan membuat Timnas Belgia lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup B. Lukaku dkk ditemani Denmark yang secara dramatis lolos ke fase gugur.

Tiket 16 besar didapatkan Denmark setelah mengalahkan Rusia 4-1 pada pertandingan lainnya. Kemenangan membuat Denmark meraih tiga poin sama dengan Finlandia dan Rusia. Akan tetapi, Denmark unggul selisih gol sehingga berhak menemani Timnas Belgia ke fase gugur.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini