Jadi Top Skor Sementara Piala Eropa 2020, Georginio Wijnaldum Merendah

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2428826 jadi-top-skor-sementara-piala-eropa-2020-georginio-wijnaldum-merendah-WQGcPnVrKx.jpg Georginio Wijnaldum (Foto: Reuters)

AMSTERDAM – Kapten Tim Nasional (Timnas) Belanda, Georginio Wijnaldum, merendah meski menjadi top skor sementara Piala Eropa 2020 dengan torehan tiga gol. Wijnaldum bersanding dengan para penyerang hebat, seperti Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Romelu Lukaku (Belgia), di puncak daftar top skor.

Wijnaldum naik ke puncak daftar top skor usai tampil gemilang saat Timnas Belanda melawan Makedonia Utara di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin 21 Juni 2021, malam WIB. Wijnaldum bermain penuh dalam pertandingan itu.

Georginio Wijnaldum vs Makedonia Utara (Foto: Reuters)

Dia memimpin lini tengah Timnas Belanda untuk memutus serangan lawan dan memulai serangan. Meski begitu, Wijnaldum dkk sempat kesulitan melawan Makedonia Utara pada babak pertama.

Namun, Timnas Belanda mampu unggul 1-0 pada babak pertama melalui gol Memphis Depay (24’). Oranje -julukan Timnas Belanda- pun berbenah pada babak kedua sehingga permainan mereka membaik.

BACA JUGA: Daftar 7 Tim yang Lolos ke 16 Besar Piala Eropa 2020

Pasukan Frank de Boer mencetak dua gol lagi melalui aksi Wijnaldum (51’ dan 58’). Alhasil, Timnas Belanda melengkapi statusnya sebagai juara Grup C dengan poin sempurna, sembilan. Selain itu, Wijnaldum pun terpilih sebagai penampil terbaik dalam pertandingan itu.

“Selalu terasa menyenangkan menjadi man of the match, tetapi jika saya jujur, Frenkie (de Jong) dan Memphis (Depay) lebih pantas mendapatkannya daripada saya. Mereka luar biasa hari ini,” kata Wijnaldum, dikutip dari laman resmi UEFA, Selasa (22/6/2021).

Wijnaldum pun mengungkapkan rahasiannya bisa tampil tajam bersama Timnas Belanda di Piala Eropa 2020. Menurutnya, paling penting adalah berada di tempat yang tepat.

“Rahasia (mencetak gol) adalah berada di tempat yang tepat. Seperti yang Anda lihat hari ini, itu adalah dua gol yang mudah, tetapi Anda harus berdiri di tempat di mana bola akan datang,” tuturnya.

Georginio Wijnaldum (Foto: Reuters)

Sementara itu, Timnas Belanda lolos ke babak 16 besar bersama Austria sebagai runner-up. David Alaba dkk menyegel posisi kedua setelah menang tipis 1-0 atas Ukraina.

Oranje kini tinggal menunggu calon lawan mereka di 16 besar. Timnas Belanda akan berlaga di 16 besar mental yang bagus usai merajai Grup C.

 Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini