Hasil Piala Eropa 2020: Belgia Rajai Grup B Usai Menang 2-0 atas Finlandia

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 03:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2428804 hasil-piala-eropa-2020-belgia-rajai-grup-b-usai-menang-2-0-atas-finlandia-Bdlf0niPJs.JPG Suasana laga Timnas Finlandia vs Belgia. (Foto: Reuters)

SAINT PETERSBURG – Tim Nasional (Timnas) Belgia berhasil menjuarai Grup B Piala Eropa 2020 usai memenangi laga kontra Finlandia pada Selasa (22/6/2021) dini hari WIB. Hasil 2-0 atas Finlandia di matchday pamungkas itu membuat Belgia membabat habis semua laga Grup B dengan kemenangan.

Dua gol Belgia pun baru terjadi di babak kedua. Pertama berkat gol bunuh diri kiper Finlandia, yakni Lukas Hradecky dan satu lagi berasal dari aksi Romelu Lukaku. Kekalahan dari Belgia pun membuat Finlandia gagal lolos ke babak 16 besar.

Jalannya Pertandingan

Babak Kedua

Hampir 60 persen penguasaan bola mampu dikuasai oleh Belgia. Mereka bahkan tak memberikan Finlandia satu kesempatan pun untuk menyerang lini pertahanan skuad asuhan Roberto Martinez tersebut.

Alhasil, Finlandia tak mencatatkan satu tembakan sama sekali ke Belgia di babak pertama. Sementara Belgia yang menguasai jalannya pertandingan sanggup menciptakan tujuh tendangan di 45 menit pertama tersebut.

Finlandia vs Belgia

Sayangnya, semua kesempatan yang diciptakan Belgia tak membuahkan hasil apa-apa di babak pertama. Finlandia masih mampu menjaga gawangnya agar tidak kebobolan meski mendapatkan serangan bertubi-tubi dari Belgia.

Kevin De Bruyne dan Eden Hazard yang baru bermain pertama kali sebagai starter di Piala Eropa 2020 itu pun belum bisa berkontribusi banyak kepada Belgia. Begitupun Romelu Lukaku yang dalam dua laga Belgia sebelumnya menjadi andalan di lini depan.

Lukaku tak bisa berbuat banyak di hadapan kukuhnya pertahanan Finlandia. Jadi, tak heran jika babak pertama skor kacamata terlihat di papan skor pada laga Finlandia vs Belgia tersebut.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Belgia terlihat masih menguasai jalannya pertandingan. Bahkan skuad asuhan Martinez itu sempat menggetarkan gawang Finlandia di menit 66. Sayangnya tendangan Lukaku yang berhasil melewati kiper Finlandia itu dianggap tidak sah karena offside.

Tak cukup lama bagi Belgia untuk membalaskan kegagalan gol Lukaku, pada menit 74 mereka pun benar-benar berhasil mencetak gol. Kocaknya gol itu justru diberikan oleh kiper Finlandia. Yakni Hradecky yang melakukan own goal.

Gol bunuh diri itu berawal dari sepak pojok yang mampu diteruskan oleh Thomas Vermaelen. Sundulan Vermaelen sayangnya mengenai tiang gawang. Namun, bola yang mengarah kepada Hradecky justru berubah arah masuk ke gawang karena mengenai tangan kiper tersebut.

Finlandia vs Belgia

Own goal itu membuyarkan permainan Finlandia. Sebab tujuh menit berselang Belgia kembali menjebol gawang Finlandia. Kali ini Lukaku berada di posisi onside dan membuat namanya muncul di papan skor.

Tak berapa lama laga pun berakhir. Belgia menang dengan skor 2-0 atas Finlandia dan memastikan diri menjadi juara Grup B Piala Eropa 2020.

Berikut Susunan Pemain:

Finlandia (3-5-2): Lukas Hradecky; Joona Toivio, Paulus Arajuuri, Daniel O'Shaughnessy; Jukka Raitala, Robin Lod, Tim Sparv, Glen Kamara, Jere Uronen; Joel Pohjanpalo, Teemu Pukki.

Cadangan: Leo Vaisanen, Robert Taylor, Fredrik Jensen, Rasmus Schuller, Jesse Joronen, Pyry Soiri, Nikolai Alho, Joni Kauko, Anssi Jaakkola, Onni Valakari, Robert Ivanov, Marcus Forss.

Pelatih: Markku Kanerva.

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Dedryck Boyata, Jason Denayer, Thomas Vermaelen; Leandro Trossard, Kevin De Bruyne, Axel Witsel, Nacer Chadli; Jeremy Doku, Eden Hazard, Romelu Lukaku.

Cadangan: Jan Vertonghen, Youri Tielemans, Yannick Carrasco, Simon Mignolet, Matz Sels, Dries Mertens, Thomas Meunier, Hans Vanaken, Leander Dendoncker, Christian Benteke, Michy Batshuayi, Denis Praet.

Pelatih: Roberto Martinez.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini