Hasil Piala Eropa 2020: Belanda Tutup Grup C dengan Pesta Gol ke Gawang Makedonia Utara

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 00:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2428782 hasil-piala-eropa-2020-belanda-tutup-grup-c-dengan-pesta-gol-ke-gawang-makedonia-utara-41ERoIrEki.JPG Memphis Depay bantu Belanda menangi laga kontra Makedonia Utara. (Foto: Reuters)

AMSTERDAM – Tim Nasional (Timnas) Belanda pesta gol ke gawang Makedonia Utara di matchday pamungkas Grup C Piala Eropa 2020 yang berakhir Selasa (22/6/2020) dini hari WIB WIB. Belanda bermain di hadapan pendukung mereka secara langsung itu tepatnya menang dengan skor 3-0.

Tiga gol Belanda disumbangkan oleh Memphis Depay dan sepasang gol lainnya diciptakan oleh gelandang kebanggaan mereka, yakni Georginio Wijnaldum. Kemenangan atas Makedonia Utara itu lantas membuat Belanda menutup Grup C Piala Eropa 2020 dengan hasil sempurna.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda sudah unggul sejak laga baru berjalan 24 menit. Gol yang diciptakan Belanda itu berawal dari permainan apik antara Memphis Depay dengan Donyell Malen.

Berawal dari tekel Blind kepada Pandev, Belanda dengan cepat memainkan serangan balik. Bola yang awalnya dikuasai Gravenberch langsung diumpankan kepada Malen dan penyerang tersebut mulai melakukan serangan bersama Depay.

Makedonia Utara vs Belanda

Umpan satu dua dilakukan Depay dengan Malen hingga memasuki penalti. Malen menjadi orang yang mengumpan terakhir kepada Depay dan pemain yang baru bergabung dengan Barcelona itu langsung dengan mudahnya memasukkan bola ke sudut kanan gawang Makedonia Utara.

Wasit sebelumnya sempat mengecek apakah tekel Blind kepada Pandev merupakan pelanggaran atau tidak melalui VAR. Setelah dicek Blind tak melakukan pelanggaran, sehingga gol Depay itu sah dan Belanda pun unggul.

Usai unggul 1-0, Belanda masih terus menekan Makedonia Utara. Tim tamu sebenarnya beberapa kali sempat memilki peluang, namun tak ada satu pun tembakan yang mengarah ke gawang Belanda. Babak pertama pun berakhir, Belanda sementara unggul 1-0 atas Makedonia Utara.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Belanda dengan cepat langsung mampu menggandakan keunggulan mereka. Tepatnya di menit 51 Giorginio Wijnaldum berlangsung mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari umpan terobosan ciamik dari Berghuis yang tepat mengarah ke kaki Depay, dengan cepat striker Belanda itu masuk ke kotak penalti Makedonia Utara. Depay lantas tak langsung melakukan tembakan, ia memilih mengumpan kepada Wijnaldum yang berlari tanpa kawalan di mulut gawang Makedonia Utara tersebut dan gol pun tercipta.

Makedonia pun sempat membuat kiper Belanda, Stekelenburg melakukan penyelamatan gemilang di menit 56 melalui tendangan bebas yang dieksekusi Bardhi. Setelahnya beberapa kali Makedonia kembali menekan Belanda.

Kendati begitu, Belanda justru yang berhasil mencetak gol. Gol ketiga Belanda itu pun lagi-lagi dicetak Wijnaldum.

Makedonia Utara vs Belanda

Skenarionya hampir sama seperti gol Wijnaldum sebelumnya. Bedanya kali ini Depay melepaskan tendangan ke gawang Makedonia Utara. Bola tendangan Depay awalnya sempat ditepis oleh kiper Makedonia Utara, yakni Dimitrievski.

Akan tetapi, bola justru terpental ke arah Wijnaldum yang lagi-lagi berdiri bebas tanpa kawalan di area kotak penalti Makedonia Utara. Skor pun menjadi 3-0 untuk keunggulan Belanda.

Pada menit 73, Makedonia Utara sempat menggetarkan gawang Belanda. Namun, aksi Chrulinov itu ternyata tidak sah karena dalam proses terciptanya gol itu, dia sudah berada di posisi offside.

 Jual beli serangan pun tercipta di sisa-sisa pertandingan antara Makedonia Utara vs Belanda tersebut. Namun, pada akhirnya skor tak berubah, Belanda memastikan diri menang 3-0 atas Makedonia Utara.

Berikut Susunan Pemain:

Makedonia Utara XI (4-2-3-1): Dimitrievski; Ristovski, Velkovski, Musliu, Alioski; Bardi, Ademi; Trickovski, Elmas, Trajkovski; Pandev.

Cadangan: Jankov, Siksovski, Zajkov, Ristevski, Hasani, Kostadinov, Nikolov, Stojanovski, Velkovski, Spirovski, Avramovski, Churlinov.

Pelatih: Igor Angelovski.

Belanda XI (3-5-2): Stekelenburg; Dumfries, De Virj, De Ligt, Blind, Van Aanholt; De Jong, Wijnaldum, Gravenberch; Depay, Malen.

Cadangan: Krul, Bizot, Veltman, Ake, Berghuis, De Jong, Promes, Klaasen, Weghorst, Koopmeiners, Timber, Gakpo.

Pelatih: Frank de Boer

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini