Meski Sulit, Pelatih Finlandia Percaya Timnya Punya Peluang ke 16 Besar Piala Eropa 2020

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 51 2428539 meski-sulit-pelatih-finlandia-percaya-timnya-punya-peluang-ke-16-besar-piala-eropa-2020-s5HcAsVC1a.jpg Pelatih Timnas Finlandia, Markku Kanerva (Foto: UEFA)

SAINT PETERSBURG - Tim Nasional (Timnas) Finlandia akan memainkan laga terakhir mereka di fase grup Piala Eropa 2020. The Eagle-owls menghadapi pemuncak klasemen sementara Grup B, Belgia, di Stadion Krestovsky pada Selasa 22 Juni 2021 dini hari WIB.

Menghadapi Belgia akan jadi laga hidup mati bagi Joel Pohjanpalo dan rekan-rekan. Satu-satunya cara Finlandia untuk lolos ke fase gugur atau 16 besar adalah dengan mengatasi perlawanan pasukan Roberto Martinez.

Sejauh ini, pelatih Finlandia, Markku Kanerva mengaku cukup puas dengan pencapaian timnya di ajang Piala Eropa 2020. Meski cukup berat untuk lolos ke babak berikutnya, Kanerva merasa timnya layak untuk memimpikan hal tersebut.

"Saya pikir mungkin hanya tim yang percaya bahwa kami bisa berada di posisi ini," ujar Markku Kanerva, dilansir dari laman resmi UEFA, Senin (21/6/2021).

Baca juga: Sudah Pasti Lolos ke 16 Besar, Belgia Tetap Incar Kemenangan di Laga Pamungkas Grup

"Kami telah memimpikan hal ini. Pertama, kami bermimpi lolos ke EURO (Piala Eropa), sekarang kami bermimpi untuk lolos ke babak sistem gugur," ujarnya lagi.

Kanerva mengakui tim lawan lebih diungglkan untuk menang pada laga kali ini. Terlebih, Belgia besutan Roberto Martinez berstatus sebagai tim peringkat pertama dunia menurut FIFA.

Namun di sisi lain Kanerva berharap bisa mengulangi raihan positif saat masa-masa awal pekerjaannya sebagai pelatih Finlandia. Sekadar diketahui, pada 2016 lalu Finlandia di bawah asuhan Kanerva pernah mengimbangi Belgia 1-1 di laga persahabatan.

"Saat saya memulai menjadi pelatih kepala di Finlandia, salah satu pertandingan awal adalah laga persahabatan melawan Belgia dan kami meraih hasil imbang," lanjut Kanerva.

 

Tak heran, sang pelatih pun berharap keberuntungan bisa memihak timnya pada laga nanti. Bahkan jika mampu menciptakan kejutan lebih besar dengan mengalahkan Belgia, Finlandia bisa merebut status juara Grup B.

"Kami masih punya peluang memenangi grup ini, penentuannya ada di tangan kami," pungkas Kanerva.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini