Portugal Takluk, Cristiano Ronaldo pun Disebut Kalah Hebat dari Lionel Messi

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 06:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 51 2428240 portugal-takluk-cristiano-ronaldo-pun-disebut-kalah-hebat-dari-lionel-messi-tetNIq5xyh.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

MADRID – Mantan pelatih Real Madrid dan Tim Nasional (Timnas) Spanyol, Vicente Del Bosque, menyatakan Cristiano Ronaldo tidak lebih hebat dari Lionel Messi. Menurut Del Bosque, Messi ada di atas Ronaldo karena gaya bermainnya.

Komentar Del Bosque disampaikan sebelum Ronaldo tampil bersama Portugal untuk melawan Jerman di Grup F Piala Eropa 2020. Sayangnya, Ronaldo tidak mampu membantah komentar Del Bosque karena Portugal kalah dari Jerman.

Lionel Messi (Foto: Reuters)

Bermain di Allianz Arena, Munich, Jerman, Sabtu 19 Juni 2021, Selecao das Quinas -julukan Portugal- justru menjadi bulan-bulanan. Padahal, Portugal unggul lebih dulu melalui gol Ronaldo (15’).

Ronaldo bahkan sempat pamer kebolehan setelah itu dengan mengelabui, bek tengah Jerman, Antonio Rudiger. Dia menjetikkan bola, berpura-pura akan menangkapnya, lalu mengoper dengan tumit tanpa melihat.

BACA JUGA: Pamer Skill saat Lawan Jerman, Cristiano Ronaldo Disebut Omong Kosong

Aksi Ronaldo mengundang decak kagum penonton, tetapi itu tidak bertahan lama. Sebab, Portugal mendapatkan tekanan luar biasa dari Jerman setelahnya.

Sejak awal pertandingan, Jerman lebih agresif dan mendominasi penguasaan bola. Akan tetapi, Jerman justru tertinggal lebih dulu dan baru mampu menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Ruben Dias (35’).

Jerman meninggalkan Portugal dengan gol bunuh diri Raphael Guerreiro (39’) dan ketajaman dua pemain mereka, yaitu Kai Havertz (51’) serta Robin Gosens (61’). Portugal hanya bisa memperkecil kedudukkan melalui gol Diogo Jota (67’). Alhasil, Ronaldo dkk kalah telak 2-4 dari Jerman.

Kekalahan Portugal seakan membenarkan komentar Del Bosque. Meski begitu, Del Bosque sejatinya tetap menghormati kemampuan dan pencapaian Ronaldo.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Bagaimana tidak, Ronaldo lima kali dianugerahi gelar pemain terbaik di dunia. Hanya Messi yang meraih lebih banyak gelar pemain terbaik di dunia dari Ronaldo, yaitu enam.

Mereka memang mendominasi sepakbola dunia lebih dari sedekade terakhir. Akan tetapi, Del Bosque lebih menyukai Messi ketimbang Ronaldo.

“Messi (adalah yang terbaik di seluruh dunia) dan saya akan memberi tahu Anda alasannya. Saya tidak (mengatakannya) untuk mendiskreditkan Cristiano (Ronaldo),” kata Del Bosque, dikutip Marca, Senin (21/6/2021).

“(Messi) adalah anak jalanan, dari lingkungan. Salah satu dari mereka, yang bermain bersama-sama, dan dia mengolok-olok Anda di lapangan. Itu sebabnya dia pemain terbaik dunia,” tuturnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini