Pamer Skill saat Lawan Jerman, Cristiano Ronaldo Disebut Omong Kosong

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 51 2428238 pamer-skill-saat-lawan-jerman-cristiano-ronaldo-disebut-omong-kosong-KX2d6m3D93.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

MUNICH – Legenda Liverpool, Dietmar Hamann, mengkritik aksi pamer kebolehan Cristiano Ronaldo dalam pertandingan Portugal kontra Jerman di Grup F Piala Eropa 2020. Menurut Hamann, aksi Ronaldo omong kosong.

Portugal melawan Jerman di Allianz Arena, Munich, Sabtu 19 Juni 2021, malam WIB. Portugal unggul lebih dulu setelah serangan balik, yang dipelopori Bernardo Silva, dieksekusi Ronaldo menjadi gol.

Cristiano Ronaldo kelabui Antonio Rudiger (Foto: UEFA)

Setelah unggul 1-0, Ronaldo menunjukkan kemampuan individunya. Dia mengelabui bek tengah Jerman, Antonio Rudiger, dengan menjetikkan bola, berpura-pura akan menangkapnya, lalu mengoper dengan tumit tanpa melihat.

Aksi Ronaldo mengundang decak kagum penonton, tetapi itu tidak bertahan lama. Sebab, Portugal menjadi bulan-bulanan Jerman setelahnya.

BACA JUGA: Kalah di Laga Terakhir Fase Grup Piala Eropa 2020, Portugal dan Spanyol Gagal Lolos ke 16 Besar

Sejak awal pertandingan, Jerman lebih agresif dan mendominasi penguasaan bola. Akan tetapi, Jerman justru tertinggal lebih dulu dan baru mampu menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Ruben Dias (35’).

Jerman meninggalkan Portugal dengan gol bunuh diri Raphael Guerreiro (39’) dan ketajaman dua pemain mereka, yaitu Kai Havertz (51’) serta Robin Gosens (61’). Portugal hanya bisa memperkecil kedudukkan melalui gol Diogo Jota (67’). Alhasil, Ronaldo dkk kalah telak 2-4 dari Jerman.

Menurut Hamann, Ronaldo tidak seharusnya pamer kebolehan saat Portugal hanya unggul 1-0. Hamann menilai itu hanya mematik semangat para pemain Jerman untuk membalikkan keadaan.

“Saya pikir itu (Aksi Ronaldo pamer kebolehan) omong kosong. Dia (Ronaldo) menjentikkan bola, berpura-pura akan menangkapnya, dan mengoper dengan tumit sambil membuang muka … Tentu saja itu (menakjubkan) dan kami tahu dia bisa melakukan itu. Saya pikir, (itu bodoh) dengan cara dia meremehkan oposisi,” ucap Hamann, dikutip dari Pundit Arena, Senin (21/6/2021).

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

“Ini saat 1-0 dan saya duduk di sini, sedangkan Anda semua memujinya, betapa bagusnya dia. Ya, dia yang terbaik, bersama Messi … Dia terlihat bodoh sekarang karena skornya 1-0. Dia memang terlihat bodoh,” ucap pria Jerman itu.

“Jika Anda bertanya kepada para pemain Jerman, setelah pertandingan, apa yang mereka pikirkan, mereka akan menyadarinya. Saya beri tahu Anda sekarang, mereka semua (para pemain Jerman) akan mengatakan itu mungkin memberi kami sedikit tambahan (motivasi) untuk mengubah banyak hal,” tuturnya.

“Apa yang dia coba capai? Mungkin (comeback Jerman) ini adalah awal dari semuanya,” ujarnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini