Timnas Italia Kenakan Ban Hitam saat Hadapi Wales di Piala Eropa 2020, Kenapa?

Cikal Bintang, Jurnalis · Minggu 20 Juni 2021 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 51 2428017 timnas-italia-kenakan-ban-hitam-saat-hadapi-wales-di-piala-eropa-2020-kenapa-7SFhRpumBs.jpg Immobile (kiri) dan Insigne, dua pemain andalan Timnas Italia di Piala Eropa 2020. (Fot: REUTERS/Mike Hewitt)

ROMATim Nasional (Timnas) Italia akan mengenakan ban hitam di lengan demi memberi penghormatan kepada legenda mereka, Giampiero Boniperti. Hal itu saat Italia menghadapi Wales di matchday terakhir di Grup A Piala Eropa 2020 yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (20/6/2021) malam WIB.

Mendiang Giampiero Boniperti merupakan mantan penyerang Timnas Italia dan Juventus yang meninggal pada 18 Juni 2021 lalu karena menderita gagal jantung. Kabar duka ini tersiar tepat dua minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-93 tahun.

Timnas Italia

Dalam catatan karier sepakbolanya, Giampiero Boniperti telah menghabiskan seluruh karirnya di Juventus sejak tahun 1946-1961 dan mencetak 178 gol dalam 443 penampilan di seluruh kompetisi. Berkat bantua Boniperti, Juventus memenangkan lima trofi Liga Italia.

Setelah mengakhiri kariernya, sang legenda diangkat menjadi Presiden Kehormatan klub berjuluk La Vecchia Signora tersebut. Di sisi lain, Giampiero Boniperti juga mempunyai catatan impresif bersama Gli Azzuri. Ia mencetak delapan gol dalam 38 pertandingannya bersama Italia dan mewakili negaranya di Olimpiade 1952.

Untuk menghormati sang legenda, Italia akan menggunakan ban lengan berwarna hitam untuk semua pemain. Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Gabriele Gavina, mengatakan sangat terpukul atas kabar duka tersebut.

“Kematian Boniperti merupakan kehilangan yang sangat besar,” kata Gavina dilansir dari Metro, pada Minggu (20/6/2021).

BACA JUGA: Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa 2020 di RCTI, iNewsTV dan MNCTV, Minggu 20 Juni 2021

“Pemain yang luar biasa, sutradara yang sempurna, kami kehilangan salah satu figur paling representatif di sepakbola Italia. Kompetensi, gaya, dan tekadnya mengajari kami banyak hal, kami tidak akan pernah melupakannya,” lanjutnya.

Sementara itu, Juventus juga mengeluarkan pernyataan resmi mengenai kabar duka mendiang Boniperti. Melalui laman resminya, La Vecchia Signora mengaku sangat terpukul karena kehilangan sosok yang sangat berpengaruh untuknya.

Timnas Italia

“Ini adalah berita yang tidak pernah ingin kami berikan kepada Anda. Hari ini, 18 Juni 2021, kami mengucapkan selamat tinggal kepada Giampiero Boniperti, yang meninggal di Turin pada usia 92 tahun,” tulis pernyataan resmi Juventus.

“Emosi yang kita semua rasakan saat ini tidak akan menghalangi kita untuk memikirkan dia dengan penuh kasih untuk semua yang pernah dan akan selalu ada dalam kehidupan Juventus,” lanjut pernyataan tersebut.

Terlepas dari itu, Italia wajib terhindar dari kekalahan saat bertemu Wales. Jika minimal bermain imbang saja kontra Wales, Italia akan lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020 dengan status juara Grup A.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini