Erling Haaland dan Timnas Norwegia Bisa Dilarang Berlaga di Piala Dunia karena Protes Masalah HAM

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 51 2427317 erling-haaland-dan-timnas-norwegia-bisa-dilarang-berlaga-di-piala-dunia-karena-protes-masalah-ham-WkAZL77uqC.jpg Erling Haaland. (Foto/Reuters)

OSLO - Erling Haaland dan Timnas Nasional (Timnas) Norwegia Bisa dilarang tampil di Piala Dunia 2026. Pasalnya mereka terus memboikot turnamen akbar empat tahunan tersebut dengan melakukan protes.

Pada bulan Maret, sebelum kualifikasi Piala Dunia melawan Gibraltar, Timnas Norwegia melakukan protes soal masalah hak asasi manusia di Qatar. Negara tersebut merupakan, tuan rumah Piala Dunia 2022.

Foto/Reuters

The Guardian melaporkan ada 6.500 pekerja asing, yang berasal dari India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bangladesh, meninggal di Qatar sejak 2010. Sebanyak 37 di antaranya tewas saat membangun stadion untuk Piala Dunia 2022.

Baca juga: 5 Pemain Bintang yang Absen di Piala Eropa 2020, Nomor 1 Paling Tragis

Para pemain Norwegia mengambil sikap atas insiden tersebut. Mereka melakukan protes dengan mengenakan kaus bertuliskan "HAK MANUSIA di dalam dan di luar lapangan" menjelang melawan menghadapi Gibraltar.

Baca juga: Pantang Nyerah Kejar Haaland, Chelsea Siap Korbankan Tammy Abraham

Asosiasi Sepakbola Norwegia (NFF) sedang mempertimbangkan untuk memboikot Piala Dunia. Laporan dari media Norwewia, NRK mengatakan NFF akan membuat keputusan akhir setelah mengadakan pemungutan suara pada Minggu mendatang.

Norwegia telah memainkan tiga laga di kualifikasi Piala Dunia. Mereka menang melawan Turki, Gibraltar dan Montenegro.

Jika Norwegia memilih untuk keluar dari kualifikasi, mereka kemungkinan akan terkena denda. Timnas Norwegia bisa mendapatkan denda sebesar 40.000 Franc Swiss atau setara Rp626 juta.

Foto/Reuters

"FIFA jelas ingin menyamakan boikot dengan mundur dari kompetisi, yang berarti Norwegia tidak berpartisipasi lebih jauh dalam pertandingan kualifikasi," bunyi pernyataan dari NFF sebagai tanggapan kepada FIFA.

FIFA dilaporkan telah menulis surat kepada NFF, jika Norwegia terus melakukan boikot, Timnas Norweia bisa dilarang berlaga di Piala Dunia 2026, yang akan diadakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini