Cristiano Ronaldo Berjarak 3 Gol dari Rekor Bersejarah Ali Daei, Pecah di Piala Eropa 2020?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 51 2425857 cristiano-ronaldo-berjarak-3-gol-dari-rekor-bersejarah-ali-daei-pecah-di-piala-eropa-2020-QhwhezxXDq.jpg Cristiano Ronaldo semakin dekat dengan rekor Ali Daei. (Foto: REUTERS/Alex Pantling)

CRISTIANO Ronaldo hanya berjarak tiga gol dari rekor bersejarah milik pesepakbola legenda asal Iran, Ali Daei. Akankah Cristiano Ronaldo merebut status pencetak gol terbanyak di level internasional (negara) dari tangan Ali Daei di Piala Eropa 2020?

Dini hari tadi, Cristiano Ronaldo membela Portugal di laga perdana Grup F Piala Eropa 2020 kontra Hungaria. Bermain di hadapan 60.000 suporter tuan rumah, Portugal sempat kesulitan mengembangkan permainan.

Cristiano Ronaldo

Skuad asuhan Fernando Santos baru mencetak gol pembuka kontra Hungaria di menit 84 via sepakan Raphael Guerreiro. Kemudian tiga menit berselang, Cristiano Ronaldo mencetak gol via eksekusi penalti. Portugal mendapat penalti setelah Rafa Silva dijatuhkan Willie Orban di kotak terlarang.

Selanjutnya di masa injury time, Portugal mencetak gol ketiga, lagi-lagi lewat Cristiano Ronaldo. Kali ini setelah menerima umpan terobosan Rafa Silva, Cristiano Ronaldo menggocek kiper Hungaria, Peter Gulacsi, sebelum akhirnya membobol gawang lawan.

Skor akhir adalah 3-0 untuk kemenangan Portugal. Kelar pertandingan, Cristiano Ronaldo yang mencetak dua gol mencetak empat rekor sekaligus. Ia tercatat sebagai top skor sepanjang masa Piala Eropa dengan 11 gol.

BACA JUGA: Daftar Top Skor Piala Eropa 2020: Cristiano Ronaldo Bersaing Sengit dengan Lukaku dan Schick

Kemudian, kekasih Georgina Rodriguez ini juga tercatat sebagai satu-satunya pemain yang tampil dan mengemas gol di lima Piala Eropa berbeda (2004, 2008, 2012, 2016 dan 2020). Terakhir, Cristiano Ronaldo menjadi pemain tertua yang mencetak dua gol dalam satu pertandingan Piala Eropa, melewati catatan Andriy Shevchenko di Piala Eropa 2012.

Selain itu, seperti yang diutarakan di atas, Cristiano Ronaldo di ambang memecahkan rekor Ali Daei. Cristiano Ronaldo tercatat mengemas 106 gol dari 176 pertandingan berseragam Timnas Portugal.

Cristiano Ronaldo

Jika Timnas Portugal melaju jauh di Piala Eropa 2020, peluang Cristiano Ronaldo melewati catatan Ali Daei sangat besar. Terlebih, sumber gol utama Seleccao das Quinas –julukan Portugal– saat ini masih Cristiano Ronaldo.

Sebelumnya medio November 2020, Ali Daei sudah ikhlas jika rekornya dilewati Cristiano Ronaldo. Ia justru bangga karena golnya dilewati pemain sekelas Cristiano Ronaldo.

“Sebuah kehormatan bagi saya jika pemain sekaliber Cristiano Ronaldo mengalahkan rekor saya. Ronaldo salah satu pemain terbaik tidak hanya di era sekarang, tapi juga sepanjang masa. Ia adalah fenomena mutlak,” kata Ali Daei saat diwawancara Tuttomercatoweb.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini