Asosiasi Futsal Kota Serang Adakan Kursus Wasit Level 2

MNC Media, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 51 2425612 asosiasi-futsal-kota-serang-adakan-kursus-wasit-level-2-lg9wGenHTJ.jpg Asosiasi Futsal Kota Serang gelar kursus lisensi wasit. (Foto: MNC Media)

SERANG - Asosisasi Futsal Kota (AFK) Serang melaksanakan kursus wasit level 2 selama 4 hari dari 10 Juni sampai dengan 14 Juni 2021. Kursus wasit level 2 ini merupakan rangkaian dari program kegiatan AFK Serang dalam ikut membangun futsal di Banten.

Sebelumnya AFK Serang mendata dan memverifikasi klub dan menggelar akademi futsal 1 Februari hingga 30 April 2021. Sekretaris Umum AFK Kota Serang, Wahyu Gunawan menjelaskan, pendataan dan verifikasi klub, lalu akademi futsal dan kursus wasit level 2 merupakan langkah awal menuju pelaksanaan liga futsal amatir di kota Serang sebagai wadah untuk menjaring atlet futsal masa depan.

Futsal Serang

“Keterkaitan pasti ada. Mengingat kedua program tersebut menjadi modal bagi dalam mempersiapkan diri menuju Liga Futsal Amatir Kota Serang dan Sesuai dengan agenda AFK Serang. Dalam waktu dekat kami akan melalukan Sosialisasi Futsal LOTG Baru 2020/2021 dilanjutkan dengan gelaran kompetisi Pramusim Liga Futsal Amatir Kota Serang” Ujar Wahyu Gunawan.

Instruktur Kepala, Puji Suprayitno mengatakan, untuk meningkatkan kualitas, selain mengikuti kursus lisensi, seorang wasit memang perlu mengikuti banyak kegiatan yang mendukung proses pematangan keahliannya.

“Dalam membentuk wasit yang baik dan bagus dalam memipin itu butuh waktu jam terbang yang banyak. Ketika dalam kursus sudah dibekali peraturan permainan dan teknik praktek signal, seorang wasit tinggal menjalankan aplikasinya di lapangan. Semakin banyak wasit memimpin semakin banyak pengalaman dan secara otomatis gerakan serta gaya meminpin akan kelihatan dan itupun akan matang menerapkan peraturan permainan.”

Puji Suprayitno memberikan tips untuk meningkatkan kualitas wasit:

- Memperbanyak jam terbang

- Melihat wasit dalam memimpin pertandingan

- Banyak bertanya kepada wasit senior

- Menjaga kebugaran dengan latihan teratur

-  Mengikuti perkembangan Peraturan Permainan (LOTG).

Meskipun baru bergabung dengan AFP Banten di tahun 2019, program yang disusun dan dijalankan AFK Serang menunjukan keseriusan untuk membangun futsal di Banten. Khususnya di Kota Serang.

Setelah menyelenggarakan program Kursus Wasit Level 2, AFK Serang berencana mengadakan Kursus Pelatih Level Nasional sebagai akhir dari rangkaian program yang bertujuan untuk mempersiapkan Liga Futsal Amatir AFK Serang.

BACA JUGA: Kejar Target Wasit Berkualitas, Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Selatan Gelar Kursus Wasit Level 1 Nasional

“Untuk kursus pelatih kami rencanakan diselenggarakan bulan Agustus ini sebagai keterkaitan dari Liga Futsal Amatir yang akan kami bentuk karena syarat dari kompetisi itu sendiri mengharuskan staf pelatih mesti minimal berlisensi level 1 nasional” ungkap Wahyu Gunawan.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini