Pelatih Swedia Puas Bisa Tahan Timnas Spanyol

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 51 2425211 pelatih-swedia-puas-bisa-tahan-timnas-spanyol-87xGjnptCx.jpg Janne Andersson. (Foto/Reuters)

SEVILLA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Swedia, Janne Andersson sudah cukup puas dengan raihan yang didapatnya usai menahan imbang Timnas Spanyol pada laga Grup E Piala Eropa 2020. Bermain di La Cartuja Stadium, kedua tim tak mampu mencetak gol hingga pertandingan berakhir, Selasa (15/6/2021).

Hasil itu membuat Swedia dan Spanyol meraih satu poin. Mereka kini menempati posisi kedua dan ketiga klasemen Grup E, setelah Slovakia menang 2-1 atas Polandia di laga lainnya.

Foto/Reuters

Spanyol sangat menguasai jalannya pertandingan. Catatan statistik laman resmi UEFA memperlihatkan Spanyol mendominasi 75 persen penguasaan bola sepanjang laga, namun pasukan Enrique gagal memaksimalkan peluang menjadi gol.

Baca juga: Timnas Spanyol Imbang dengan Swedia di Piala Eropa 2020, Llorento Bingung

Sebaliknya, Alexander Isak menjadi pemain terbaik bagi Swedia kendati mereka tak banyak memiliki penguasaan bola. Isak nyaris memaksa Marcos Llorente mencetak gol bunuh diri pada menit ke-41. Penyerang Real Sociedad itu melepaskan tembakan dari sisi kanan, beruntung bola halauan Llorente membentur tiang gawang sebelum diamankan kiper Unai Simon.

Baca juga: Man of the Match Spanyol vs Swedia di Piala Eropa 2020: Victor Lindelof

Hasil imbang membuat Janne Andersson bersyukur. Pasalnya dia menyadari kekuatan dan permainan Timnas Spanyol yang sangat mendominasi pertandingan.

“Datang ke Spanyol, dengan cuaca 32 derajat dan melawan semua keahlian mereka, dan berpikir kami akan mengalahkan mereka adalah naïf," ujarnya mengutip laman UEFA.

“Kami menciptakan beberapa peluang dan mereka menciptakan beberapa, jadi secara keseluruhan saya sama sekali tidak malu dengan poin ini. Jika kami ingin meraih poin atau menang melawan tim seperti ini, kami harus bermain seperti ini. Loyalitas yang ditunjukkan para pemain pada rencana permainan kami yang sangat fantastis,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan gelandang Swedia, Albin Ekdal. Dia mengetahui bahwa timnya akan menemui kesulitan dengan karakter permainan Spanyol.

Foto/Reuters

”Kami tahu ini akan sulit, kami harus banyak berlari. Mereka pandai menjaga bola. Tapi sulit untuk berlari tanpa bola. Kami tidak bisa menguasai bola dan ketika melakukannya, kami tidak berhasil melakukan sesuatu yang konstruktif,” tuturnya.

“Itu adalah pertandingan yang sangat, sangat melelahkan secara fisik, juga membuat frustrasi karena kami tidak bisa bermain seperti yang kami inginkan. Tapi yang penting adalah poin yang kita ambil dari sini,” pungkas Albin Ekdal.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini