Bukan Menang, Ini Hal yang Buat Southgate Tersenyum Usai Laga Inggris vs Kroasia

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 51 2424880 bukan-menang-ini-hal-yang-buat-southgate-tersenyum-usai-laga-inggris-vs-kroasia-6s2SmzqJJR.JPG Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. (Foto: Reuters)

LONDON – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate terlihat tersenyum usai berhasil menumbangkan Kroasia di matchday pertama Grup D Piala Eropa 2020. Meski begitu, kemenangan 1-0 yang diraih Inggris itu ternyata bukan hal yang membuat Southgate merasa senang.

Hal yang membuat Southgate senang hingga bisa tersenyum usai pertandingan di Stadion Wembley itu karena penampilan apik yang diperlihatkan skuad berjuluk The Three Lions pada laga tersebut. Menurut Southgate, para pemain Inggris tampil baik saat menghadapi Kroasia.

Southgate tentu juga senang karena Inggris menang, namun baginya itu bukanlah hal yang terlalu penting. Sebab bagi pelatih asal Inggris itu, permainan dan performa tim yang dapat bermain bagus itu adalah hal yang jauh lebih penting.

Baca Juga: Dikecam Pengemar Timnas Belanda, Taktik Penuh Risiko Frank de Boer Masih Berhasil

Gareth Southgate

Dengan penampilan luar biasa yang diperlihatkan Raheem Sterling dan kawan-kawan, Southgate merasa semakin percaya diri menghadapi dua pertandingan tersisa di Grup D Piala Eropa 2020. Menurutnya, dari sisi bertahan dan menyerang Inggris sudah bermain baik.

“Saya sangat senang dengan performa yang diperlihatkan. Tentu saja kemenangan itu penting. Memenangkan laga pertama mengurangi ketegangan, tetapi hasil itu tidak berarti kami sudah lolos dan itu hanya target pertama kami,” jelas Southgate, dikutip dari BBC, Senin (14/6/2021).

"Performanya yang diperlihatkan tim sangat bagus. Itu adalah kesempatan besar, hari yang panas terik, dan para pemain beradaptasi dengan sangat cepat. Permainan dengan bola sangat baik dan kami mampu membatasi Kroasia hingga menciptakan sedikit mungkin peluang di sepanjang pertandingan,” tambahnya.

Secara statistik, sebenarnya Inggris dan Kroasia sama-sama kuat. Tidak ada tim yang jauh lebih mendominasi di pertandingan Inggris vs Kroasia tersebut.

Hanya saja dari peluang yang sama itu, Inggris sanggup menciptakan satu gol melalui aksi Sterling di menit 57. Gol Sterling itu pun sudah cukup untuk mengantarkan Inggris meraih kemenangan atas Kroasia.

Suasana laga Inggris vs Kroasia

Kini Southgate hanya bisa berharap Inggris bisa terus konsisten bermain baik. Kemenangan atas Kroasia tidak akan terlalu berarti jika Inggris gagal memetik hasil positif di dua pertandingan grup selanjutnya.

Selanjutnya, Inggris akan menghadapi Skotlandia di matchday kedua Grup D Piala Eropa 2020 pada Sabtu 19 Juni 2021. Kemudian The Three Lions akan berjumpa Republik Ceko pada Rabu 23 Juni 2021 di partai pamungkas Grup D.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini