5 Pesepakbola Bintang yang Punya Masalah Jantung, Nomor 1 Cristiano Ronaldo

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 51 2424801 5-pesepakbola-bintang-yang-punya-masalah-jantung-nomor-1-cristiano-ronaldo-DPXzgbxr55.jpg Cristiano Ronaldo sempat mengalami masalah jantungnya pada 2000. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

SEJUMLAH pesepakbola bintang terkena masalah jantung. Sosok terbaru adalah gelandang Tim Nasional (Timnas) Denmark, Christian Eriksen, yang kolaps di tengah laga kontra Finlandia, Minggu 13 Juni 2021 dini hari WIB.

Beruntung nyawa gelandang Inter Milan tersebut masih dapat diselamatkan, berkat kesigapan rekan-rekannya sekaligus tim medis. Selain Eriksen, siapa saja pesepakbola yang pernah terkena masalah jantung?

Berikut 5 pesepakbola bintang yang kena masalah jantung:

5. Antonio Puerta

Antonio Puerta

Antonio Puerta meninggal dunia akibat serangan jantung. Ia tiba-tiba terjatuh di menit ke-35 laga Sevilla vs Getafe pada Sabtu 25 Agustus 2007. Saat itu, Puerta masih sanggup bangun dan berjalan seperti biasa.

Hanya saja setibanya di rumah sakit, kondisi Puerta memburuk. Setelah tak sadarkan diri selama tiga hari, Puerta dinyatakan meninggal dunia pada Selasa 28 Agustus 2007. Padahal jika Puerta tidak meninggal dunia, ia berpotensi menjadi andalan di sektor kiri pertahanan Timnas Spanyol.

4. Marc-Vivien Foe

Marc Vivien Foe

Marc-Viven Foe meninggal di usia 28 tahun. Ia meninggal ketika membela Timnas Kamerun kontra Kolombia di semifinal Piala Konfederasi 2003. Ketika pertandingan memasuki menit 72, Marc-Vivien Foe tiba-tiba tidak sadarkan diri.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Kena Serangan Jantung, sang Ibu: Saya Ketakutan!

Tim medis yang berada di pinggir lapangan langsung masuk dan mencoba menyelamatkan nyawa mantan gelandang Manchester City tersebut. Sayangnya setelah menjalani perawatan medis selama 45 menit, nyawa gelandang bertinggi badan 188 sentimeter itu tak dapat diselamatkan.

3. Cheik Tiote

Cheikh Tiote

Tiote mengalami kolaps saat berlatih bersama sang klub, Beijing Enterprises. Sebenarnya tim medis sudah bertindak cepat dengan membawa gelandang berpaspor Pantai Gading ke rumah sakit.

Sayangnya, nyawa Tiote tidak tertolong. Pemain yang pernah mencetak gol indah ke gawang Arsenal saat berseragam Newcastle United itu mengembuskan napas terakhirnya pada 5 Juni 2017 di usia 30 tahun.

2. Miklos Feher

Miklos Feher

Miklos Feher merupakan penyerang andalan Hungaria dari 1998-2004. Sayangnya, di tahun 2004, Feher mengembuskan napas terakhir setelah terkena serangan jantung.

Momen itu terjadi ketika Feher membela sang klub, Benfica, menghadapi Vitoria Guimaraes, di Liga Portugal 2003-2004. Tim medis coba memberikan pertolongan, namun 90 menit setelah tak sadarkan diri, Feher meninggal dunia di usia 24 tahun.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dikenal sebagai olahragawan tangguh. Namun, siapa sangka di usia 15 tahun atau pada 2000, Cristiano Ronaldo sempat didiagnosis mengalami kelainan jantung.

Saat itu dalam posisi diam sekalipun, jantung Cristiano Ronaldo berdegup kencang. Takut kehilangan nyawa sang anak, Maria Dolores Aveiro (ibu Cristiano Ronaldo) langsung membawa sang anak untuk menjalani operasi.

“Jantungnya berdetak kencang ketika dia (Ronaldo) tidak berlari. Mereka menggunakan semacam laser untuk membakar sumber masalah. Dia dioperasi di pagi hari dan keluar di sore hari. Sebelum kami tahu persis apa (bakat) yang dia miliki, saya khawatir karena ada kemungkinan dia menyerah bermain sepakbola,” ujar Maria Dolores, mengutip dari Sportskeeda.

“Namun, perawatannya berjalan baik dan setelah beberapa hari dia kembali berlatih lagi. Cristiano tidak terlalu khawatir (soal masalah jantungnya). Dia tidak menanggapi situasi itu dengan sangat serius, tetapi saya amat ketakutan. Sepertinya perawatan membuatnya pulih lebih cepat!" lanjut Maria Dolores.

Beruntung, Cristiano Ronaldo dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut. Alhasil, Cristiano Ronaldo tumbuh menjadi pesepakbola top dan kini merupakan salah satu pesepakbola terhebat di dunia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini