8 Pemain Venezuela Positif Covid-19, Bagaimana Nasib Laga Brasil vs La Vinotinto di Copa America 2021?

Antara, Jurnalis · Minggu 13 Juni 2021 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 51 2424386 8-pemain-venezuela-positif-covid-19-bagaimana-nasib-laga-brasil-vs-la-vinotinto-di-copa-america-2021-Idkwye1yP2.jpg Stadion Mane Garrinche, venue laga pembuka Copa America 2021 Brasil vs Venezuela. (Foto: REUTERS/Henry Romero)

BRASILIA – Kabar buruk menerpa Tim Nasional (Timnas) Venezuela jelang menghadapi Brasil di laga pembuka Copa America 2021, Senin 14 Juni 2021 pagi WIB. Sebab, tercatat ada delapan pemain dan empat ofisial mereka yang positif terpapar Covid-19. Menteri Kesehatan Brasil, Marcelo Queiroga, mengatakan pada konferensi pers, Sabtu 13 Juni 2021, orang-orang tersebut positif Covid-19 tak lama setelah tiba di Brasil.

"Mereka semua baik-baik saja. Mereka semua diisolasi di hotel, bersama dengan orang-orang yang pernah kontak dengan mereka," katanya.

Venezuela

(8 pemain Timnas Venezuela positif Covid-19)

Konfederasi sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) kemudian sedikit memperbarui data jumlah total yang terinfeksi, dengan mengatakan 13 anggota delegasi Venezuela telah dinyatakan positif, tanpa menyebutkan berapa banyak pemain.

Kapten timnas Venezuela, Tomas Rincon, mengungkapkan di Instagram bahwa dia adalah salah satu yang dinyatakan positif. "Saya sangat menyesal tidak bisa mewakili negara saya," tulisnya.

Virus yang menerjang timnas Venezuela itu adalah berita buruk untuk Copa America 2021. Meski begitu, wabah ini ternyata tidak bisa memaksa membatalkan pertandingan.

BACA JUGA: Jadwal Copa America 2021, Lengkapnya Baca di Sini

Venezuela mengatakan telah memanggil 15 pemain baru sebagai pengganti darurat. Namun, infeksi menambah sakit kepala penyelenggara yang sudah menghadapi penarikan sponsor dan serangkaian kritik atas keputusan untuk melanjutkan turnamen di tengah pandemi.

Sementara itu, Pelatih Brasil, Tite, mengatakan dia menyesal bahwa juara dunia lima kali dan difavoritkan menjadi juara Copa America tahun ini, harus menghadapi Venezuela yang melemah karena Covid-19.

Tite

(Pelatih Timnas Brasil, Tite)

"Sayang sekali. Saya ingin ini menjadi pertandingan antara yang setara," katanya kepada wartawan.

Dia mengulangi apa yang dia sebut "kritik langsung" terhadap penyelenggara karena bersikeras turnamen berlangsung. Osnei Okumoto, kepala departemen kesehatan kota Brasilia, mengatakan kepada bahwa departemen kesehatan sedang melacak semua orang yang pernah kontak dengan orang yang terinfeksi dan akan menguji sampel positif untuk menentukan jenis virus corona yang mereka bawa.

Brasil sudah terpukul keras oleh varian virus lokal galur "Gamma", dan kini pemerintah negara sedang mengamati wabah varian virus galur "Delta" yang muncul di India. Dinas kesehatan Brasil telah melaporkan beberapa kasus infeksi virus impor, tetapi sejauh ini belum ada konfirmasi penularan lokal.

Timnas Brasil dan Venezuela tergabung di Grup B Copa America 2021. Mereka satu grup dengan Kolombia, Ekuador dan Peru, dalam turnamen yang rencananya bergulir dari 14 Juni hingga 11 Juli 2021 tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini