Timnas Indonesia Dibantai UEA dan Vietnam, Bisa Berjaya di Piala AFF dan SEA Games 2021?

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 51 2424145 timnas-indonesia-dibantai-uea-dan-vietnam-bisa-berjaya-di-piala-aff-dan-sea-games-2021-mpPFuQW750.jpg Witan Sulaeman saat dikawal pemain-pemain UEA. (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia menjadi bulan-bulanan dalam dua laga terakhir mereka di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Setelah dihancurkan Vietnam 0-4 pada Selasa 8 Juni 2021 dini hari WIB, Timnas Indonesia dibantai Uni Emirat Arab (UEA) 0-5 dini hari tadi.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut akan menerima hasil evaluasi yang dilakukan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Iwan Bule –sapaan akrab Iriawan– mengatakan, evaluasi akan dibicarakan setelah Shin Tae-yong dan skuad asuhannya tiba di Tanah Air.

Timnas Indonesia

“Tentu kami ingin mendengar laporan dari pelatih Shin Tae-yong terkait Timnas Indonesia selama di UEA. Apa saja yang harus dibenahi, apa yang kurangnya , dan apakah ada kendala di tim. Kami juga ingin melihat road map Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia selanjutnya,” kata Iriawan, Okezone mengutip dari laman PSSI, Sabtu (12/6/2021).

Timnas Indonesia melakoni tiga laga terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan mengandalkan pemain-pemain muda. Dari 27 pemain Timnas Indonesia yang berada di Dubai, UEA, cuma Evan Dimas pemain yang masuk kategori berpengalaman.

Dibilang begitu karena Evan Dimas, satu-satunya pemain yang mengoleksi lebih dari 10 caps (28 caps) bersama Timnas Indonesia. Sementara itu, mayoritas pemain baru merasakan debut bersama skuad Garuda.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Dihancurkan UEA, Ketum PSSI: Tim Ini Dipersiapkan untuk SEA Games

Lantas, kenapa Timnas Indonesia mengandalkan pemain muda di sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia? Iriawan mengatakan, itu karena target terdekat Timnas Indonesia adalah memburu medali emas SEA Games 2021 yang digelar di Vietnam pada 21 November hingga 2 Desember 2021.

Setelah tampil di SEA Games 2021, pemain-pemain ini akan melanjutkan kiprah di Piala AFF 2020 yang digelar pada 5-31 Desember 2021.

Shin Tae-yong

“Dengan mayoritas pemain muda telah memberikan warna baru untuk Timnas Indonesia meski belum meraih hasil maksimal. Tim ini disiapkan untuk ajang SEA Games 2021, Piala AFF 2021, dan turnamen-turnamen bergengsi lainnya. Pemain harus tetap semangat dan memetik pelajaran di tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini,” kata Iriawan.

Sekarang yang jadi pertanyaan, sanggupkah Timnas Indonesia berjaya dengan skuad seperti ini di SEA Games dan Piala AFF 2021? Peluang itu ada, asalkan segenap elemen di tubuh PSSI mendukung penuh segala sesuatu yang dibutuhkan Shin Tae-yong.

Pro kontra menerpa Shin Tae-yong setelah Timnas Indonesia dihajar UEA dan Vietnam. Ada netizen yang mendukung Shin Tae-yong, namun ada juga yang mencerca pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini