Piala Eropa 2020, Swiss Berusaha Tekan Pertahanan Wales dari Awal Laga

Cikal Bintang, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 51 2424119 piala-eropa-2020-swiss-berusaha-tekan-pertahanan-wales-dari-awal-laga-AchoZM0fei.jpg Vladimir Petkovid dan Xherdan Shaqiri. (Foto/Reuters)

BAKU – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Swiss, Vladimir Petkovic, akan menerapkan permainan menekan sejak awal pertandingan. Tergabung dalam Grup A, Rossocrociati -julukan Timnas Swiss- akan menjalankan laga perdana Piala Eropa 2020 melawan Wales di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan pada Sabtu (12/6/2021) pukul 20.00 WIB.

Dilansir dari laman resmi UEFA, Petkovic menunjukkan keinginannya untuk mendominasi pertandingan sejak peluit awal dibunyikan. Dirinya mengaku, Swiss akan memainkan tempo dan mendikte gaya bermain Wales demi memenangkan pertandingan.

Baca juga: Timnas Wales vs Swiss di Piala Eropa 2020: Adu Tajam Bale dan Xherdan Shaqiri

“Seperti yang telah kami tunjukkan belakangan ini, kami ingin mendominasi permainan, kami ingin menguasai bola, kami ingin mendikte tempo permainan, memiliki keunggulan di akhir pertandingan dan mencetak gol,” ujar Petkovic.

Foto/UEFA

Lebih lanjut, untuk melakukan itu semua ia berkata skuadnya harus fokus dalam bertahan dan menyerang. Menurutnya, hal ini sangat penting mengingat Wales bukan penantang yang mudah untuk dikalahkan.

Baca juga: Gareth Bale Siap Jadi Andalan Timnas Wales di Piala Eropa 2020

“Untuk melakukan itu semua, kami harus sangat fokus, memastikan kami bertahan meski dalam penguasaan bola. Sangat penting bagaimana kami menekan permainan sejak awal peluit dibunyikan,” lanjut pelatih berusia 57 tahun tersebut.

Perkataan Petkovic tentu akan menjadi bekal semangat dan kepercayaan diri Timnas Swiss. Pria yang pernah melatih Lazio tersebut bukan nama baru di Eropa, sehingga selama 24 tahun Petkovic sudah merasakan atmosfer Benua Biru.

Terlebih, Petkovic yang menukangi Swiss sejak 2014 mempunyai catatan karir yang baik. Dirinya turut mengantar Rossocrociati melenggang ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 dan masuk 10 besar tim terbaik di Eropa dengan menempati posisi ketujuh.

Foto/Twitter

Swiss diprediksi akan mengandalkan Xherdan Shaqiri. Pemain Liverpool itu berada di urutan ke-7 dalam daftar pencetak gol terbanyak Swiss sepanjang masa dengan mencetak 23 gol.

Sementara itu, Swiss mencatatkan rekor yang apik dalam lima pertandingan terakhirnya. Rossocrociati tidak terkalahkan dan mampu melesatkan 16 gol dan hanya kebobolan empat gol dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 dan pertandingan persahabatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini