Share

5 Fakta Menarik Timnas Italia Hancurkan Turki di Piala Eropa 2020

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 51 2424002 5-fakta-menarik-timnas-italia-hancurkan-turki-di-piala-eropa-2020-BgODd4CFVT.jpg Skuad Italia merayakan gol Ciro Immobile ke gawang Turki. (Foto/Reuters)

TIM Nasional (Timnas) Italia menghancurkan Turki pada laga pembuka Piala Eropa 2020. Bertempat di Stadion Olimpico, Roma, tim berjuluk Azzurri itu meraih tiga poin usai meraih kemenangan dengan skor akhir 3-0, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Ada sejumlah fakta menarik pada laga perdana penyisihan Grup A Piala Eropa 2020 tersebut. Beberapa di antaranya Gianluggi Donnarumma yang mengukir rekor cemerlang, serta gol perdana di Piala Eropa saat ini. Berikut lima fakta menarik laga Italia saat menghantam Turki mengutip dari Opta:

5. Gianluigi Donnarumma Cetak Rekor

Kemenangan Italia juga mencatatkan rekor bagi sang penjanga gawang. Catatan Opta, Gianluigi Donnarumma, yang berusia 22 tahun 106 hari, penjaga gawang termuda yang pernah bermain di turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa) untuk Timnas Italia.

Donnarumma memecahkan rekor-rekor pendahulunya. Giorgio Ghezzi (23 tahun 342 hari), Gianlugi Buffon (24 tahun 126 hari), CarloMattrel 25 tahun 49 hari), Dino Zoff (26 tahun 98 hari).

Foto/Reuters

Baca juga: Dibantai Italia 3-0, Pelatih Turki: Kami Kalah dari Tim yang Lebih Baik

4. Gol Perdana

Italia memiliki 14 tembakan lebih banyak dari Turki di babak pertama (14-0), perbedaan tembakan terbesar di laga pertama Piala Eropa sejak 2004, ketika Belanda memiliki 16 tebakan dan Latvia memiliki satu.

Baca juga: Sukses Hajar Timnas Turki, Bonucci: Italia Makin Pede Menangi Piala Eropa 2020

Namun, gol pertama Italia justru disumbang pemain Turki, Merih Demiral, yang gagal mengantisipasi dengan baik bola umpan silang gelandang Italia, pada menit 53. Dua gol Italia lainnya dicetak Ciro Immobile dan Insigne.

Foto/Reuters

3. Rekor Kemenangan

Italia telah menjaga sembilan clean sheet berturut-turut. Itu menjadi rekor terpanjang mereka sejak 10 kali berturut-turut antara November 1989 dan Juni 1990.

Kemenangan atas Turki membuat Italia tak terkalahkan dalam 29 pertandingan. Italia dalam pertandingan ke-39 mereka di kompetisi ini, juga berhasil mencetak tiga gol dalam satu pertandingan di Piala Eropa untuk pertama kalinya.

Skor 3-0 margin kemenangan terbesar di laga pembuka turnamen Piala Eropa.

Foto/Reuters

2. Turki Selalu Kalah

Turki selalu kalah dalam pertandingan pembukaan mereka di setiap turnamen besar (Piala Eropa+ Piala Dunia). Mereka kalah tujuh kali dari tujuh pertandingan. Mereka adalah satu-satunya negara yang bermain di lebih dari tiga turnamen semacam itu dan tidak pernah menghindari kekalahan dalam pertandingan pembukaan.

Foto/Reuters

1. Ciro Immobile Gemilang

Ciro Immobile telah mencetak gol dalam tiga penampilan berturut-turut untuk Italia untuk pertama kalinya. Golnya ke gawang Turki adalah gol pertamanya di turnamen internasional besar (Piala Dunia & Eropa).

Foto/Reuters

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini