Kilas Balik Piala Eropa 2016: Timnas Portugal Juara Pertama Kalinya

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 51 2423426 kilas-balik-piala-eropa-2016-timnas-portugal-juara-pertama-kalinya-1Y1RF0Il3t.jpg Timnas Portugal (Foto: Reuters)

KILAS balik Piala Eropa 2016 menampilkan Tim Nasional (Timnas) Portugal yang menjadi juara untuk pertama kalinya. Pencapaian itu sangatlah berarti untuk Cristiano Ronaldo dkk.

Piala Eropa 2016 berlangsung di Prancis pada 10 Juni hingga 10 Juli. Ini merupakan ketiga kalinya Prancis menjadi tuan rumah setelah pada 1960 dan 1984 silam.

Timnas Portugal

Piala Eropa edisi ke-15 itu berlangsung dengan format berbeda karena diikuti oleh 24 tim. Sebelumnya, Piala Eropa diikuti oleh 16 tim sejak 1996.

Timnas Portugal tergabung ke Grup F bersama Hungaria, Islandia, dan Austria. Secara kualitas, pasukan Fernando Santos itu seharusnya lolos sebagai juara grup, tetapi yang terjadi justru sebaliknya.

BACA JUGA: Lakukan Perjalanan Terjauh, Timnas Swiss Tempuh 10.012 Km Selama Fase Grup Piala Eropa 2020

Timnas Portugal meraih tiga hasil imbang sehingga terdampar ke peringkat ketiga klasemen akhir Grup F. Hungaria justru menjadi juara grup dan Islandia sebagai runner-up.

Namun, Timnas Portugal tetap lolos ke babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik. Pada 16 besar, Timnas Portugal telah ditunggu Kroasia. Setelah melalui perpanjangan waktu, Timnas Portugal menang tipis 1-0 atas Kroasia.

Timnas Portugal pun melaju ke perempatfinal untuk menghadapi Polandia. Pertandingan berjalan ketat sehingga skor 1-1 pun bertahan hingga babak tambahan waktu selesai. Melalui babak adu penalti, Timnas Portugal menang 5-4 atas Polandia.

Selecao Das Quinas -julukan Timnas Portugal- bertemu tim kejutan, yaitu Wales, di semifinal. Ronaldo dkk mampu mengalahkan Wales dengan skor meyakinkan 2-0.

Timnas Portugal (Foto: Reuters)

Timnas Portugal, yang datang sebagai salah satu unggulan, lolos ke final meski hampir tersingkir di fase grup. Timnas Portugal menghadapi tuan rumah, Prancis, yang hanya meraih satu hasil imbang sejak fase grup.

Pertandingan berjalan sulit untuk Timnas Portugal karena Prancis sangatlah agresif. Keadaan memburuk untuk Timnas Portugal dengan cederanya pemain andalan mereka, Ronaldo, sehingga harus ditarik keluar pada menit ke-25.

Tangis Ronaldo pun pecah karena final ini sangatlah penting untuknya. Meski begitu, Timnas Portugal ternyata bisa bertahan melawan Prancis tanpa Ronaldo hingga waktu normal selesai.

Ronaldo tetap membantu rekan-rekan setimnya meski dari bangku cadangan. Dia memberikan instruksi kepada rekan-rekan setimnya seperti seorang pelatih.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Timnas Portugal akhirnya mengalahkan Prancis dengan skor tipis 1-0. Gol kemenangan Timnas Portugal dibuat pemain pengganti, Eder, pada menit ke-109. Timnas Portugal pun juara Piala Eropa untuk pertama kalinya pada saat itu.

Semua elemen di Timnas Portugal bekerja keras untuk keberhasilan itu. Akan tetapi, jika harus memilih satu pemain yang paling berjasa untuk Timnas Portugal di Piala Eropa 2016, nama Ronaldo layak disebut. Dia menjadi inti dan sumber inspirasi dari permainan Timnas Portugal. Dia pun mencetak 3 gol penting sepanjang Piala Eorpa 2016 bergulir.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini