Piala Eropa 2020 Mau Mulai, Timnas Inggris Masih Banyak Kekurangan

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 51 2421914 piala-eropa-2020-mau-mulai-timnas-inggris-masih-banyak-kekurangan-wlnaoqWBfi.jpg Gareth Southgate (Foto: Reuters)

MIDDLESGBROUGH – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, mengkritik cara pasukannya bertahan. Southgate ingin Timnas Inggris bertahan lebih baik lagi saat mentas di Piala Eropa 2020.

Sebelum tampil di Piala Eropa 2020, The Three Lions -julukan Timnas Inggris- menggelar dua pertandingan uji coba, yaitu melawan Austria dan Rumania. Kedua pertandingan itu berlangsung di Stadion Riverside, Middlesbrough, Inggris.

Timnas Inggris (Foto: Reuters)

Timnas Inggris memenangkan dua pertandingan itu dengan skor identik, yaitu 1-0. Timnas Inggris mampu mencatatkan clean sheet dalam dua pertandingan itu, tetapi Southgate tidak puas dengan cara The Three Lions bertahan.

Seperti pada pertandingan kontra Rumania, Southgate menilai para pemain Timnas Inggris tampil kurang baik saat tidak memiliki bola. Dia tidak hanya mengkritik para bek saja, tetapi juga gelandang dan penyerang karena bertahan merupakan kinerja tim.

“Saya tidak suka saat kami tanpa bola di babak pertama, tetapi itu adalah (kesalahan) keseluruhan tim. Itu (bertahan) dimulai dari depan,” kata Southgate, dikutip dari Goal International, Selasa (8/6/2021).

“Kami tidak disiplin dalam cara kami bertahan. Pemulihan kami berjalan tidak cukup baik. Itu berarti lini tengah renggang dan pemain belakang harus memutuskan terlalu banyak hal, mereka datang ke ruang (kosong) yang seharusnya tidak mereka sambangi,” ungkap Southgate.

BACA JUGA: Bukan Inggris, Rooney Jagokan Prancis Juara Piala Eropa 2020

“Tanpa diragukan lagi, kami dapat meningkatkan itu. Saya juga harus membiarkan tim, yang bermain, menerima kenyataan bahwa kami telah membuat banyak perubahan, harus mempertahankan beberapa pemain, dan memberikan menit bermain kepada mereka butuhkan,” ujarnya.

“Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan di tempat latihan karena, tanpa diragukan lagi, kami tidak dapat melepaskan sejumlah peluang yang kami lakukan (melawan Rumania) dan tidak berharap untuk dihukum,” ucap pria asal Inggris itu.

“Kami dapat meningkatkan semua detail kecil dalam dua penampilan terakhir. Kami dapat mengambil banyak pembelajaran dari pertandingan pertama (kontra Austria) dan memberi mereka umpan balik ke (pertandingan hari kontra Rumania). Anda tahu, beberapa hal tentang disiplin dan detail tentang bertahan,” tuturnya.

Gareth Southgate (Foto: Reuters)

Sekadar informasi, Timnas Inggris tergabung ke Grup D di Piala Eropa 2020. The Three Lions akan bersaing dengan Kroasia, Republik Ceko, dan Skotlandia untuk memperebutkan tempat di babak 16 besar.

Lawan pertama Timnas Inggris di Piala Eropa 2020 adalah Kroasia. Timnas Inggris akan menjamu Kroasia di Stadion Wembley, London, Minggu 13 Juni 2021, dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini