Efek Liga Super Eropa: Juventus, Real Madrid dan Barcelona Dicoret dari Liga Champions Hari Rabu?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 51 2421707 efek-liga-super-eropa-juventus-real-madrid-dan-barcelona-dicoret-dari-liga-champions-hari-rabu-Jggx9FcXKP.jpg Juventus bisa gagal ambil bagian di Liga Champions 2020-2021. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

JUVENTUS, Real Madrid dan Barcelona berpotensi menerima hukuman terburuk dari Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) karena keikutsertaan mereka di Liga Super Eropa. Menurut laporan La Reppublica, Juventus, Real Madrid dan Barcelona berpotensi mendapat hukuman larangan tampil di Liga Champions selama dua musim karena ambil bagian di Liga Super Eropa.

“UEFA akan mengumumkan hukuman kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona atas keikutsertaan di Liga Super Eropa pada Rabu. Tujuannya, UEFA ingin menyelesaikan masalah sebelum Piala Eropa 2020 yang mulai bergulir Jumat malam,” tulis La Reppublica, Okezone mengutip dari Football Italia, Selasa (8/6/2021).

Real Madrid

(Real Madrid berpotensi dicoret dari Liga Champions musim depan)

“Mungkin saja mereka dikeluarkan dari Liga Champions musim depan, atau bisa juga denda. Juventus, Real Madrid dan Barcelona merupakan tim yang berkomitmen di ajang Liga Super Eropa,” lanjut laporan tersebut.

Kabar yang disampaikan La Reppublica di atas berpotensi terealisasi. Sebab, presiden UEFA Aleksander Ceferin beberapa kali sudah mengeluarkan pernyataan.

Pria asal Slovenia itu mengaku takkan segan mencoret klub-klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa dari keikutsertaan mereka di turnamen garapan UEFA. Sebut saja Liga Champions atau Liga Eropa.

BACA JUGA: Gara-Gara Kasus Liga Super Eropa, Presiden UEFA Hapus Bos Juventus dari Daftar Temannya

“Klub-klub Liga Super (Barcelona, Real Madrid dan Juventus) akan dihukum dan bahkan bisa dilarang tampil di Liga Champions musim depan,” kata Ceferin, mengutip dari Daily Mail pada pengujung April 2021.

Aleksander Ceferin merupakan sosok yang vokal menolak kompetisi tandingan Liga Champions tersebut. Ketika 12 klub mengumumkan ambil bagian di Liga Super Eropa, Ceferin bertindak tegas.

Juventus

(Juventus bisa gagal ambil bagian di Liga Champions musim depan)

Ia menggandeng Federasi Sepakbola Dunia (FIFA), serta operator kompetisi Liga Inggris, Italia dan Liga Spanyol. Tujuannya adalah menyamakan visi dan misi, yakni menolak Liga Super Eropa.

Setelah Ceferin mengeluarkan serangkaian ultimatum, akhirnya sebanyak sembilan klub di antaranya yakni Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Arsenal, Inter Milan, AC Milan dan Atletico Madrid memutuskan untuk mundur. Sekarang tersisa Juventus, Real Madrid dan Barcelona yang masih kekeuh menyelenggarakan Liga Super Eropa.

Karena itu, menarik menanti hukuman apa yang diberikan UEFA kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona. Presiden Barcelona Joan Laporta mengaku akan membawa kasus ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) jika Barcelona dicoret dari Liga Champions musim depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini