Federasi Sepakbola Argentina Luncurkan Patung Emas Diego Maradona

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 51 2419913 federasi-sepakbola-argentina-luncurkan-patung-emas-diego-maradona-3LV0aAh8j3.JPG Federasi Sepakbola Argentina luncurkan Patung Emas Diego Maradona (Foto: Reuters)

BUENOS AIRES - Momen emosional terjadi sesaat jelang laga Tim Nasional (Timnas) Argentina kontra Cile di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan, Jumat (4/6/2021) pagi WIB.

Sebelum pertandingan berlangsung para pemain terlihat melakukan penghormatan untuk legenda sepakbola Argentina, Diego Armando Maradona yang meninggal pada 25 November 2020.

 

Selain penghormatan dari para pemain, Federasi Sepakbola Argentia (AFA) juga membuat patung emas Maradona yang diletakkan di depan stadion.

Patung emas tersebut diluncurkan bersamaan dengan laga Argentina kontra Cile di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan kali ini.

Baca juga: 

Penghormatan ini jelas bukan hal yang berlebihan apalagi untuk mengenang sosok Diego Maradona. Pria kelahiran Lanus, 30 Oktober 1960 itu merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang pernah dimiliki skuad La Albiceleste.

Pencapaian terbaik Maradona adalah saat membawa Argentina meraih Piala Dunia pada 1986 di Meksiko. Kala itu, ia berhasil membawa negaranya mengangkat trofi juara untuk pertama kalinya.

 Pada edisi itu juga Maradona mendapat julukan Tangan Tuhan. Julukan tersebut didapat karena Maradona mencetak gol menggunakan tangan. Luar biasanya, gol tersebut pada akhirnya mengantarkan Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 1986.

Gol tangan tuhan terjadi saat Argentina menghadapi Inggris di babak perempatfinal. Gol tersebut menjadi pembuka atas kemenangan 2-1 Argentina atas Three Lions.

Pencapaian Maradona bersama Timnas Aegentina di Piala Dunia 1986 bahkan belum bisa diulangi oleh Lionel Messi dan rekan-rekan yang saat ini mengisi skuad Timnas Argentina.

Selain di level internasional, nama Maradona juga harum saat memperkuat klub. Maradona dikenal sebagia salah satu legenda tim asal Italia, Napoli. Status sebagai legenda terukir setelah Maradona menjadi salah satu pemain yang mampu mengantarkan Napoli untuk pertama kalinya menjuarai Liga Italia, yakni pada musim kompetisi 1986-1987.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini