Share

Liga 1 2021 Pakai Format Bubble to Bubble, Begini Reaksi Klub

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Kamis 03 Juni 2021 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 51 2419743 liga-1-2021-pakai-format-bubble-to-bubble-begini-reaksi-klub-XlzA2hQsot.jpg PT Liga Indonesia Baru (Foto: ligaindonesiabaru.com)

JAKARTA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan bahwa gelaran Liga 1 musim 2021 memakai format bubble to bubble dengan berseri di enam kota penyelenggara. Para klub-klub Liga 1 pun sama sekali tidak merasa keberatan dengan format tersebut.

Sebagaimana diketahui, PT LIB berserta dengan klub peserta Liga 1 mengadakan manager meeting secara virtual Kamis (3/6/2021). Agenda ini bertujuan untuk menginformasikan segala persiapan untuk mengarungi Liga 1 2021 usai dikeluarkannya izin penyelenggaraan oleh kepolisian.

Rencana Liga 1 2021

Informasi terkait format, kepastian digelarnya kompetisi dengan degradasi, sistem promosi dibahas dalam pertemuan ini. Meski begitu, pertemuan yang hanya berlangsung kurang dari dua jam ini tak membahas detail ke arah teknis.

Segala pembahasan tak berbeda jauh dengan apa yang diputuskan Kongres PSSI pada 29 Mei 2021 lalu. Termasuk di dalamnya format kompetisi yang menikuti Piala Menpora 2021, yakni bubble to bubble.

Baca Juga:Β Liga 1 2021-2022 Dipastikan Tanpa Penonton

β€œPT Lib komitmen jalankan hasil kongres, karna itu mandat dari PSSI, sehingga apa yg dibutuhkan kongres itu yg kita jabarkan, sudah tertuang format liga 1 dan 2, dan juga ada degradasi. Pertemuan tadi belum kepada hal-hal teknis banget. Tadi pertemuan perdana. Kita infokan izin sudah keluar, kita sampaikan formatnya gimana,” ujar Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

β€œKita terangkan, Liga 1 menggunakan bubble to bubble, nanti ada 3 klaster dan 6 seri akah digelar Juli 2021 – Maret 2021. Sepanjang pertemuan tadi tidak ada yang bermasalah dengan aturan ini,” ujar pria yang akrab dipanggil Lulu tersebut.

Sebagai informasi, format bubble to bubble ini akan bergulir pada 3 provinsi sekaligus dalam setiap serinya. Ini merupakan revisi dari format sebelumnya yang rencananya menggunakan sistem home dan away.

Seri pertama akan digelar di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. Sementara seri kedua berlangsung di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Persija vs Persib

Kemudian seri ketiga dan keempat di Jawa Timur. Seri kelima di Jawa Tengah dan seri keenam kembali ke Banten, Jawa Barat, dan Jakarta.

Baca Juga:Β Jelang Liga 1 2021, Ini Jadwal Persib Bandung

Nantinya, masing-masing wilayah atau grup akan diisi oleh 6 tim yang akan bertanding di sejumlah stadion di Pulau Jawa. Mengenai detailnya akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan tatap muka dengan para klub dalam waktu dekat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini