Tanpa Lionel Messi, Josep Guardiola Tak Berdaya di Liga Champions

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 30 Mei 2021 04:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 261 2417389 tanpa-lionel-messi-josep-guardiola-tak-berdaya-di-liga-champions-OX8n26bR8J.jpg Josep Guardiola (Foto: Reuters)

PORTO Josep Guardiola meneruskan catatan buruknya di kompetisi terelite Benua Eropa, Liga Champions, karena kembali gagal menjadi juara. Hal ini menegaskan catatan buruk Guardiola yang selalu gagal di Liga Champions tanpa anak emasnya, Lionel Messi.

Sebagaimana diketahui, Guardiola adalah salah satu pelatih tersukses dalam sejarah sepakbola. Sejak melatih pada musim 2008-2009, Guardiola telah meraih banyak trofi.

Lionel Messi (Foto: Reuters)

Barcelona adalah klub pertama Guardiola di dunia kepelatihan. Dia membawa Barcelona meraih banyak kesuksesan, salah satunya adalah dua kali menjuarai Liga Champions pada musim 2008-2009 dan 2010-2011.

Setelah meninggalkan Barcelona, Guardiola tidak mampu mengulang kesuksesan di Liga Champions. Banyak pihak menyebut kegagalan Guardiola di Liga Champions dikarenakan ketidakberadaan Messi dalam timnya.

BACA JUGA: Hasil Final Liga Champions: Kalahkan Man City, Chelsea Juara Liga Champions 2020-2021

Kesempatan terbesar Guardiola untuk mematahkan catatan buruk itu hadir pada musim 2020-2021. Dia memimpin Man City mencapai final Liga Champions untuk berhadapan dengan tim Inggris lainnya, Chelsea.

The Citizens -julukan Man City- datang ke pertandingan itu sebagai unggulan. Akan tetapi, Man City justru kalah 0-1 dari Chelsea di Stadion do Dragao, Porto, Portugal, Minggu (30/5/2021), dini hari WIB. Gol kemenangan Chelsea dibuat oleh Kai Havertz (42’).

Guardiola pun kembali tertunduk lesu pada akhir pertandingan. Padahal, Guardiola tidak hanya menghentikan tren buruknya jika mampu mengalahkan Chelsea, tetapi juga mencatatkan sejarah untuk Man City.

Dia akan menjadi juru taktik pertama yang membaw Man City juara Liga Champions. Sekadar informasi, The Citizens belum pernah menjuarai Liga Champions.

Josep Guardiola (Foto: Reuters)

Sayangnya, juara Liga Champions musim ini bukan Man City, melainkan Chelsea. Guardiola pun masih terus memikul catatan buruknya di Liga Champions, yaitu tidak pernah juara tanpa Messi.

Meski gagal di Liga Champions, Guardiola membawa Man City menjuarai Liga Inggris dan Piala Liga Inggris. Setidaknya, Guardiola mampu mengakhiri musim ini dengan trofi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini