Share

Kekuatan Lawan Timnas Indonesia Lebih Baik, Shin Tae-yong: Liga Mereka Bergulir Terus

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Sabtu 22 Mei 2021 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 51 2414009 kekuatan-lawan-timnas-indonesia-lebih-baik-shin-tae-yong-liga-mereka-bergulir-terus-J52XW3UAW4.jpg Shin Tae-yong pimpin latihan Timnas Indonesia di Dubai. (Foto/PSSI)

DUBAI Shin Tae-yong menilai kekuatan lawan-lawan yang akan dihadapi Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, lebih baik dibanding skuadnya. Dia menilai hal itu lantaran kompetisi domestik mereka berjalan dengan baik.

Sejumlah pemain Timnas Indonesia tak bermain sepakbola di kompetisi resmi karena Liga 1 terpaksa dihentikan karena pandemi virus corona. Akibatnya mereka hanya berlatih mandiri selama hampir setahun.

Foto/PSSI

Mereka baru bisa berlaga saat turnamen pramusim Piala Menpora bergulir pada April lalu. Sedangkan Liga 1 2021 diwacanakan akan dimulai pada Juli mendatang.

Baca juga: Shin Tae-yong Genjot Latihan Timnas Indonesia di UEA

Meski begitu, Shin tetap optimis pada timnya. Pemusatan latihan (TC) yang dijalani skuadnya sejauh ini terbukti mengangkat performa Evan Dimas dkk.

Baca juga: Sehat Banget, Ini Makanan Timnas Indonesia Selama di Dubai

“Itu karena liga dan kompetisi mereka bergulir terus. Jadi fisik dan pengalaman pertandingan yang didapat oleh pemain lebih banyak serta lebih baik dari kita. Namun itu tidak masalah, di sinilah kita berusaha dan mencoba mengubahnya,” ujar Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI, Sabtu (22/5/2021).

Sebagaimana diketahui, Indonesia telah menjalani TC sejak 1 Mei 2021 di Jakarta selama 16 hari. Kemudian mereka menuju Dubai untuk melakukan persiapan menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Skuad Garuda akan menghadapi dua laga uji coba melawan Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 mei mendatang. Kemudian pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan Terakhir UEA pada 11 Juni 2021.

Shin Tae-yong melihat seiring berjalannya waktu, mental Evan Dimas dkk semakin terasah dibanding beberapa hari yang lalu saat TC di Jakarta. Tak hanya itu, mereka dinilai mulai dapat beradaptasi dengan suhu cuaca Dubai yang panas.

Foto/PSSI

“Semua pemain beradaptasi dengan suhu dan cuaca di sini, pemain-pemain lebih baik dan lebih bekerja keras disini daripada di Jakarta, mental mereka pun sudah berubah menjadi lebih baik,” tuturnya.

Adapun beberapa pemain masih dalam tahap pemulihan fisik terutama bagi mereka yang bermain di klub luar negeri. Shin Tae-yong buka suara terkait keempat pemain yang belum lama bergabung ini. 

“Empat pemain itu (Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman) sangat baik, tetapi ada dua pemain yang masih dalam pemulihan fisik (Ryuji Utomo dan Asnawi Mangkualam Bahar), mungkin dalam waktu singkat akan menjadi lebih baik,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini