4 Stadion Terkecil di Dunia di Kompetisi Top Eropa

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 51 2408882 4-stadion-terkecil-di-dunia-di-kompetisi-top-eropa-agtnuofyyM.jpg Stadion Ipurua. (Foto/Wikimedia Commons)

STADION terkecil di dunia tetap menjadi bagian penting untuk sejumlah klub. Meski berkapasitas penonton minim, stadion tetap menjadi kebanggaan bagi klub dan suporternya.

Biasanya stadion dengan kapasitas besar selalu memberi nuansa yang bisa membuat para lawan-lawannya merinding. Beberapa di antaranya adalah Camp Nou, Old Trafford, Allianz Stadium, Bernabeu.

Namun, ada juga stadion kecil yang tetap memberikan suasana yang berbeda ketika bermain di kandang mereka. Berikut 4 stadion terkecil di dunia yang berada menjadi tuan rumah bagi klub yang berkompetisi di liga top Eropa:

4. Stadion Dean Court Kapasitas 11.329

Stadion ini menjadi kandang untuk klub asal Inggris, Bournemouth. Dean Court juga dikenal sebagai Stadion Vitality karena kesepakatan dengan sponsor.

Sejauh ini, Dean Court adalah stadion Liga Utama Inggris yang terkecil, satu-satunya yang berkapasitas di bawah 20.000 penonton. Dua stadion lainnya adalah Stadion Liberty (Swansea City) dan Vicarage Road (Watford), yang berkapasitas di bawah 25.000 penonton.

Foto/Twitter

3. Stadion Ipurua Kapasitas 7.083

Stadion Ipurua merupakan markas dari klub SD Eibar yang berlaga di Liga Spanyol. Ipurua menjadi kandang lapangan sepak bola utama di Eibar sejak 1947.

Meskipun memegang lisensi UEFA, banyak tim lawan mengeluh bahwa stadion tidak memenuhi standar untuk pertandingan kompetitif tingkat atas.

Foto/Wikimedia Commons

2. Stadion Schwarzwald Kapasitas 25.000

Liga Jerman meerupakan salah satu liga dengan kehadiran jumlah terbesar di dunia. Tak heran syarat minium stadion di negara ini berkapasitas 15.000.

Stadion Schwarzwald dibangun pada 1954 silam. Namun, karena kesepatakan dengan sponsor, nama stadion berubah menjadi Mage Solar.

Foto/Wikimedia Commons

Stadion Mage Solar atau Schwarzwald merupakan markas bagi SC Freiburg, yang kini bermain di Bundesliga.

1. Stadion Paolo Mazza Kapasitas 16.164

SPAL adalah salah satu klub yang populer di Italia pda era 1950-an dan 1960-an. Mereka selalu memainkan laga kandang di Stadion Paolo Mazza.

Stadion Stadion Paolo Mazza dibuka pada 1928 dan telah mengalami renovasi enam kali. Terakhir stadion mengalami perubahan pada 2018, membuat kapasitas meningkat menjadi 16.164.

 Foto/Wikimedia Commons

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini