Mikel Arteta Salahkan Arsene Wenger atas Keterpurukan Arsenal

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 45 2407674 mikel-arteta-salahkan-arsene-wenger-atas-keterpurukan-arsenal-kSDjNQ6nzs.jpg Mikel Arteta. (Foto/Reuters)

LONDON Mike Arteta tak mau disalahkan atas keterpurukan Arsenal. Dia mengklaim penurunan The Gunners sudah dimulai sejak lima tahun lalu atau saat masih diasuh Arsene Wenger.

Arsenal sedang mengalami masa yang sangat buruk pada musim ini. Meski sangat aktif di bursa transfer musim panas 2020, Arteta tak bisa membangun kembali kegemilangan klubnya.

Foto/Arsenal

Klub asal London terebut bahkan berpotensi tak bisa tampil di pentas Eropa (Liga Champions dan Liga Eropa) pada musim depan. Pasalnya, Arsenal kini menempati posisi ke-9 dengan mengumpulkan 49 poin. Sementara Liga Inggris hanya mensisakan 4 laga.

Baca juga: UEFA Maafkan 9 Klub Eks Liga Super Eropa, tapi Tetap Kena Hukuman

Jika Arsenal tak mampu menempati posisi ketujuh pada klasemen akhir Liga Inggris, mereka akan mengukir rekor buruk. Arsenal untuk pertama kalinya dalam 25 tahun tak akan mentas di kompetisi Eropa.

Baca juga: Arsenal Tak Mampu Tembus Final Liga Eropa, Arteta: Hancur!

Namun, Arteta—yang pernah menjadi pemain Arsenal—tak mau disalahkan atas pencapaian buruk timnya. Dia mengatakan bahwa keterpurukan klubnya telah terjadi sejak era Arsene Wenger.

“Kami tidak bersaing dengan klub-klub top di negara ini selama lima tahun,” ujar dia mengutip Mirror, Sabtu (8/5/2021).

"Kesalahan ini tidak dimulai enam bulan lalu. Ini dimulai lima tahun lalu dan Anda dapat melihat tren ini. Saya memahami kekhawatiran itu karena ketika Anda tersingkir dari Liga Champions selama lima tahun, itu bukan hanya menjadi korban, itu tren,” tambahnya.

Foto/Reuters

Jika melihat pernyataan Arteta, Arsenal saat itu memang masih dibesut Arsene Wenger. Pada tahun-tahun dilatih Wenger, Arsenal mengalami kesulitan. Mereka hanya mampu bisa mengangkat trofi Piala FA 2016-2017, hanya saja Arsenal asuhan Wenger kesultian menembus papan atas Liga Inggris.

Sementara itu, Arteta bersikeras bahwa dia dapat membalikkan keadaan klubnya agar bisa berjaya kembali. Namun, kesempatan terkahir mengangkat trofi musim ini kandas, setelah Arsenal disingkirkan Villarreal di semifinal Liga Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini