Sebelum Turun di Piala Eropa 2020, 28 Pemain Timnas Italia Jalani Vaksinasi Covid-19

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 51 2405988 sebelum-turun-di-piala-eropa-2020-28-pemain-timnas-italia-jalani-vaksinasi-covid-19-ZzcUYFcHN6.jpg Timnas Italia akan tampil di Piala Eropa 2020. (Foto: Twitter/@UEFAcom_it)

MILAN – Sebelum turun di Piala Eropa 2020, sebanyak 28 pemain Tim Nasional (Timnas) Italia mendapatkan vaksinasi Covid-19. Hal ini sebagai langkah pencegahan, sekaligus meminimalisir supaya skuad Gli Azzurri –julukan Italia– tidak terpapar Covid-19 saat turun di Piala Eropa 2020.

Ciro Immobile dan kawan-kawan menerima vaksin pertama pada Senin 3 Mei 2021 waktu setempat. Setelah diberi izin pemerintah Italia, 28 pemain Timnas Italia diberikan dosis pertama di dua rumah sakit, tepatnya di Kota Roma dan Milan.

Ciro Immobile

(Ciro Immobile sudah mendapatkan vaksin)

Berdasarkan laporan Associated Press (AP), Italia termasuk negara yang tertinggal dalam hal memvaksinasi warganya. Sejauh ini, baru 6,3 juta warga mereka yang sudah mendapatkan vaksin.

Pihak berwenang meyakinkan masyarakat Italia bahwa vaksin akan diberikan secara ketat berdasarkan kelompok usia, dimulai dengan orang tua. Hingga pada Senin 3 Mei 2021, vaksin diberikan kepada sejumlah pemain Timnas Italia. Vaksin yang disuntikkan adalah jenis Moderna.

Atas pemberian vaksin ini, penyerang Timnas Italia, Ciro Immobile, mengapresiasi petugas kesehatan yang secara ramah menyambut para pemain. Selain itu, ia menilai kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan pribadi, apalagi harus menghadapi kompetisi sekelas Piala Eropa 2020.

BACA JUGA: London Sediakan Ruang Publik untuk Nonton Bareng Piala Eropa 2020

“Saya berterima kasih kepada semua staf atas keramahan dan sambutan mereka. Kami senang dan bangga telah melakukan ini, mendapatkan vaksinasi untuk diri Anda sendiri adalah penting, dan kami berharap momen ini akan segera datang untuk semua orang,” ucap Immobile sesaat meninggalkan rumah sakit Spallanzani di Roma.

Meski begitu, kegiatan vaksinasi ini diberikan kepada pemain Timnas Italia yang mentas bersama klub-klub lokal saja. Mereka yang berada di klub asing seperti Marco Verratti (PSG, Prancis) tidak diikutsertakan. Begitu pula para pemain Roma yang akan turun di leg II semifinal Liga Eropa 2020-2021 kontra Manchester United pada Jumat 7 Mei 2021 dini hari WIB.

Marco Verratti

(Marco Verratti belum mendapatkan vaksin)

Karena itu, pelatih Timnas Italia Roberto Mancini telah menyiapkan daftar pemain yang belum sempat divaksin. Dapat dipastikan semua pemain tanpa terkecuali akan menerima vaksin sebelum laga perdana di Piala Eropa.

Timnas Italia akan menjadi tim pertama yang membuka gelaran Piala Eropa 2020 dengan melawan Turki. Laga yang dihelat di Stadio Olimpico, Roma ini juga diawali dengan upacara pembukaan pada 12 Juni 2021 mendatang.

Italia tergabung di Grup A Piala Eropa 2020 bersama tiga tim lainnya yakni Turki, Wales, dan Swiss. Selain menjadikan Roma sebagai tempat berlangsungnya laga, Olympic Stadium di Baku, Azerbaijan juga merupakan venue untuk pertandingan di grup ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini