Indonesia Gagal Tampil di Piala Dunia Futsal, Pelatih: Keputusan AFC Sulit Diterima

MNC Media, Jurnalis · Minggu 25 April 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 25 51 2400363 indonesia-gagal-tampil-di-piala-dunia-futsal-pelatih-keputusan-afc-sulit-diterima-4IcOUcRQuu.jpg Timnas Futsal Indonesia. (Foto: Istimewa)

KOMITE Eksekutif Asian Football Confederation (AFC) yang berkantor di AFC House, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, mengeluarkan pernyataan resmi pada 21 April 2021 terkait wakil AFC yang akan diikutsertakan pada Piala Dunia Futsal Lithuania 2021, menyusul pembatalan AFC Futsal Championship Kuwait 2020 karena pandemi Covid-19.

AFC memutuskan untuk mengirim slot lima wakilnya pada Piala Dunia Futsal Lithuania 2021. Tiga wakil ditentukan melalui penunjukan langsung dan lolos otomastis ke Lithuania, yaitu Iran, Jepang, dan Uzbekistan.

Timnas Futsal Indonesia

Sementara itu, dua slot tersisa ditentukan melalui babak playoff yang diperebutkan oleh 4 negara terpilih, yaitu Irak, Lebanon, Thailand, dan Vietnam. Untuk drawing jadwal pertandingan playoff akan diumumkan AFC pada 27 April 2021.

Komite Eksekutif AFC menggunakan dua kriteria untuk memutuskan lima negara yang terpilih sebagai wakil AFC di Piala Dunia Futsal 2021. Pertama mengambil referensi lima tim teratas dari edisi Kompetisi Futsal AFC terakhir (AFC Futsal Championship Taiwan 2018).

BACA JUGA: Keren! Begini Official Jersey Home untuk Tim Nasional Futsal Indonesia yang Terbaru

Kedua, menerapkan sistem poin yang menghitung lima tim teratas dari peringkat keseluruhan dari tiga edisi terakhir Kejuaraan Futsal AFC (2014, 2016, dan 2018).

BACA JUGA: Fisio Timnas Futsal Indonesia: Hindari Cedera, Atlet Harus Konsisten Latihan Selama Ramadan

Berdasarkan hasil kriteria satu dan dua, yang terpilih menjadi tiga tim teratas adalah Iran, Jepang, dan Uzbekistan. Ketiganya dinominasikan sebagai perwakilan AFC yang lolos otomatis. Selain itu, 2 slot tersisa diputuskan melalui pertandingan playoff.

Keputusan AFC ini menimbulkan berbagai polemik yang mengecewakan, terutama bagi tim yang sudah lolos ke AFC Futsal Championship 2020, seperti Kuwait dan Indonesia.

"AFC tidak adil bagi Kuwait karena kami telah berinvestasi dalam proyek selama tiga tahun untuk lolos ke Piala Dunia dengan bermain," kata head coach Timnas Futsal Kuwait, Ricardo Sobral.

Head coach Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, dalam empat tim yang akan bertanding dalam playoff, ada Irak yang tidak tampil pada kualifikasi World Cup kemarin, juga ada Vietnam. Padahal, Indonesia tidak pernah kalah dari Vietnam sejak 2018.

"Dan peringkat kita di AFF 2019 maupun kualifikasi AFC juga di atas mereka. Sulit untuk diterima bahwa kami tidak punya hak untuk menantang Piala Dunia," katanya dengan kecewa.

Selain meluapkan kekecewaannya, coach Ken menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung mimpi besarnya dan seluruh atlet timnas futsal untuk unjuk gigi di Piala Dunia Futsal 2021.

"Sekali lagi, ini membuat saya merasa kecewa, tetapi ini tidak akan mengubah apa pun," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini