Bawa Manchester United Gabung Liga Super Eropa, Joel Glazer Minta Maaf

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 03:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 51 2398743 bawa-manchester-united-gabung-liga-super-eropa-joel-glazer-minta-maaf-79AZYkroXI.jpg Joel Glazer. (Foto/Euro Sport)

MANCHESTER – Pemilik Manchester United, Joel Glazer, secara terbuka meminta maaf kepada supporter Setan Merah setelah membawa klub bergabung ssebagai pendiri Liga Super Eropa. Permohonan maaf dissampaikan melalui surat terbuka, Kamis (22/4/2021) waktu setempat.

Man United merupakan salah satu dari 12 pendiri Liga Eropa. Namun, mereka akhirnya menarik diri setelah mendapat kecaman dari fans.

Foto/Twitter

Proyek ambisius itu mendapatkan tekanan yang luar biasa dari berbagai sisi. Baik itu dari UEFA, FIFA, dan tiga federasi Spanyol, Italia, dan Inggris. Fans-fans sepakbola, termasuk pendukung Setan Merah dengan tegas menolak adanya Liga Super Eropa.

Baca juga: Sejumlah Klub Mundur, Agnelli Masih Yakin Bakal Gelar Liga Super Eropa

Buntutnya Man United akhirnya mundur dari Liga Super Eropa dan membuat surat terbuka kepada selutuh penggemar. Glazer mengakui jika langkah yang dilakukan oleh pihak klub sangat mengecewakan.

Baca juga: Arsenal Beberkan Alasan Gabung 12 Klub Pendiri Liga Super Eropa

“Dalam mencari fondasi kompetisi yang lebih stabil, kami gagal menunjukkan rasa hormat terhadap akar dalam tradisi. Termasuk piramid kompetisi yang mencakup promosi dan degradasi,” kata Glazer mengutip laman resmi klub.

“Oleh sebab itu, kami meminta maaf. Ini adalah klub terbesar di dunia, dan kami meminta maaf sedalam-dalamnya, karena telah menyebabkan kekhawatiran selama beberapa hari terakhir,” ujarnya lagi.

Buntut ksruh Liga Super Eropa, Wakil Ketua Eksekutif Man United, Ed Woodward akan mengundurkan diri pada akhir tahun. Selain itu, mereka mengikuti langkah tim Inggris lainnya dalam mundur dari Liga Super Eropa.

Sementara itu, Presiden UEFA, Aleksander Ceferin bertekad untuk membangun kembali persatuan di dalam badan sepakbola Eropa tersebut setelah enam klub Inggris mengundurkan diri.

Foto/Reuters

“Kemarin, saya merasa kagum karena bisa mengakui kesalahan, dan klub-klub tersebut malah justru membuat kesalahan baru yang teramat besar,” kata Ceferin dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP via Antara.

“Tapi sekarang mereka sudah kembali, dan saya tahu klub-klub itu mempunyai banyak banyak hal untuk ditawarkan, tidak hanya untuk kompetisi kami, tetapi juga untuk keseluruhan pertandingan Eropa,” lanjut dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini