Aroma Belanda Tercium di Final Piala Menpora 2021 Persib Bandung vs Persija Jakarta

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 49 2398946 aroma-belanda-tercium-di-final-piala-menpora-2021-persib-bandung-vs-persija-jakarta-p6VGEBEHHF.jpg Marc Klok (kanan), lahir di Belanda. (Foto: PT LIB)

AROMA Belanda tercium di final Piala Menpora 2021 yang mempertemukan Persib Bandung vs Persija Jakarta. Dibilang begitu karena kedua tim mempunyai personel yang bersinggungan dengan Negeri Kincir Angin.

Di skuad Persib Bandung terdapat tiga orang Belanda. Mereka ialah pelatih Robert Rene Alberts serta dua pemain Nick Kuipers dan Ezra Walian.

Ezra Walian

(Ezra Walian, penyerang kelahiran Belanda yang kini jadi andalan Persib)

Untuk Ezra Walian, penyerang 23 tahun ini sebenarnya sudah mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 2017. Namun, dalam penelusuran FIFA, Ezra Walian sempat membela Timnas Belanda U-17 di laga kompetitif.

Akibatnya setelah membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2017, Ezra Walian tak pernah lagi berkesempatan membela skuad Garuda. Bagaimana dengan skuad Macan Kemayoran –julukan Persija?

Di skuad Persija Jakarta terdapat Marc Klok. Gelandang 27 tahun ini lahir di Amsterdam Belanda. Namun, sejak 12 November 2020, Marc Klok mendapatkan status WNI.

BACA JUGA: Pilih Persib Bandung Juara Piala Menpora 2021 atau Top Skor? Ini Jawaban Ezra Walian

Hanya saja, Marc Klok belum berkesempatan membela Timnas Indonesia senior. Sebab, semenjak pandemi Covid-19, Timnas Indonesia senior belum lagi melakoni laga kompetitif.

Lantas, bagaimana respons Marc Klok dipertemukan dengan gerbong Belanda milik Persib Bandung, terutama Ezra Walian? Klok paham betul Persib Bandung mempunyai pemain-pemain brilian, termasuk Ezra Walian. Namun, ketimbang memikirkan lawan, Klok memilih fokus mempersiapkan dirinya dan juga tim.

Marc Klok

(Klok lahir di Amsterdam, Belanda)

“Ya saya tahu dia (Ezra Walian), saya bermain dengan dia waktu di PSM. Untuk saya semua klub di Indonesia sama, semua punya kualitas, semua pemain punya kualitas. Saya selalu lihat Marc Klok sendiri dan Persija sendiri,” kata Marc Klok mengutip dari laman resmi Liga Indonesia Baru, Kamis (22/4/2021).

“Kalau saya pikir fokus untuk kualitas kita lebih penting dan lebih bagus dan fokus untuk mereka. Dan fokus untuk pemain lain dan untuk saya fokus, untuk kita sendiri ini kunci untuk selalu kasih maksimum dan menang,” lanjut pemain yang pernah merumput di Oldham Athletic, klub kasta keempat Liga Inggris.

Final Piala Menpora 2021 Persib Bandung vs Persija Jakarta digelar dua leg. Setelah dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo pada Kamis (22/4/2021) pukul 20.30 WIB, final leg II digelar di Stadion Manahan Solo pada Minggu 25 April 2021 pukul 20.30 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini