Ini Penyebab Liga Super Eropa Akhirnya Ditunda

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 51 2398167 ini-penyebab-liga-super-eropa-akhirnya-ditunda-AMsP54EAhu.JPG Fans Chelsea menolak adanya Liga Super Eropa. (Foto: Reuters)

MADRID – Dalam beberapa jam terakhir, klub-klub pendiri Liga Super Eropa atau European Super League memutuskan untuk mundur dari proyek besar tersebut. Gara-gara hal itu, pihak penyelenggara Liga Super Eropa memutuskan untuk menunda proyek mereka tersebut.

Klub-klub yang memutuskan untuk cabut dari Liga Super Eropa itu adalah enam tim asal Inggris, yakni Manchester City, Chelsea, Manchester United, Arsenal, Liverpool, dan Tottenham Hotspur. Lalu Inter Milan pun juga memilih untuk pergi dari keikutsertaannya dalam pembentukan kompetisi sepakbola baru itu.

Menurut laporan dari jurnalis ternama asal Italia, yakni Fabrizio Romano, alasan penundaan itu karena pihak penyelenggara Liga Super Eropa ingin membentuk kembali proyek mereka yang belum sempurna itu. Sebab itulah proyek besar tersebut pada akhirnya ditangguhkan.

Baca Juga: Liga Super Eropa Ditangguhkan, PSG Resmi Batal Juara Liga Champions 2020-2021 Hari Jumat

Liga Super Eropa

“Super League (Liga Super Eropa) telah resmi ditunda. Klub-klub Liga Inggris memutuskan untuk pergi. Inter sudah meninggalkan (proyek Liga Super Eropa). AC Milan bersiap untuk menyusul,” kata Fabrizio Romano, mengutip dari akun twitter @FabrizioRomano, Rabu (21/4/2021).

“Juventus dan klub-klub Spanyol masih menunggu posisi resminya (tetap di Liga Super Erpa atau keluar). Seluruh rencana Liga Super Eropa saat ini telah berhenti karena untuk menata ulang proyek tersebut,” sambung Romano.

Seperti yang diketahui, baik Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur merupakan enam dari 12 klub pendiri Liga Super Eropa. Namun, dengan desakan para suporter dan pemerintah Inggris, keenam klub tersebut resmi tak berpatisipasi dalam Liga Super Eropa.

Man City pun menjadi tim pertama dari Inggris yang memutuskan hengkang dari proyek Liga Super Eropa tersebut. Barulah kelima tim Inggris lainnya mengikuti jejak The Citizens.

Dengan banyaknya tim yang mengundurkan diri, maka kini hanya tinggal Juventus dan tiga klub Spanyol, yaitu Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid yang belum memberikan pernyataan terbaru terkait sikap mereka.

Florentino Perez

Apakah keempat klub tersebut akan tetap bertahan di Liga Super Eropa? Atau justru pada akhirnya memutuskan untuk pergi dari proyek yang mereka bangun tersebut?

Satu hal yang pasti, pembentukan Liga Super Eropa saat ini sudah resmi ditangguhkan jadi takkan ada kompetisi baru dalam waktu dekat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini