Tak Ada Aturan Gol Tandang Buat Laga Persija vs PSM Kian Menarik

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 49 2396010 tak-ada-aturan-gol-tandang-buat-laga-persija-vs-psm-kian-menarik-VBl0g4jKde.jpg Suasana laga PSM vs Persija. (Foto: Twitter/Persija_Jkt)

SLEMAN - Skor 0-0 menjadi hasil akhir dari pertemuan PSM Makassar kontra Persija Jakarta di leg pertama Piala Menpora 2021 pada Kamis 15 April 2021 malam WIB kemarin. Terkait hasil itu, jelas membuat lag ledua nanti akan berlangsung semakin menarik.

Kedua tim harus puas dengan skor 0-0 saat bertarung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Skor 0-0 di leg pertama itu membuat Persija dan PSM masih memiliki peluang lolos yang sama besar jika mampu memetik kemenangan pada leg kedua nanti.

Adapun leg kedua dijadwalkan berjalan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Minggu 18 April 2021. Namun jika kedua tim kembali meraih hasil imbang, lantas siapa yang berhak melaju ke babak final?

Baca JugaL Soal Insiden Marko Simic dan Andritany, Ini Kata Sudirman

PSM vs Persija

Umumnya di ajang-ajang turnamen sepakbola, penentuan tim lolos ke babak selanjutnya dengan mempertimbangkan produktivitas gol tandang jika hasilnya imbang.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa pihaknya sudah merancang regulasi untuk babak semifinal apabila dua pertemuan berakhir sama-sama kuat.

“Untuk menentukan tim yang lolos ke babak final, aturan keunggulan gol tandang tidak kami terapkan. Maka jika agregat pertemuan kedua kedua tim berakhir imbang, dilanjutkan dengan adu tendangan penalti,” tutur Akhmad Hadian Lukita, Jumat (16/4/2021).

Akhmad Ladian Lukita pun menambahkan, aturan tersebut sudah dijabarkan sejak awal yang mana terangkum dalam regulasi Piala Menpora 2021.

Apabila dua tim yang bertanding di babak semifinal mencetak skor akhir yang sama setelah bermain di 2 pertandingan (misalkan 1-1,2-2, dan seterusnya), tidak berlaku keuntungan gol tandang.

“Peraturan seperti itu sudah kami jelaskan pada Match Coordination Meeting (MCM) yang dilakukan sebelum pertandingan kedua tim,” ujar Akhmad Hadian Lukita.

PSM vs Persija

Jika hal itu terjadi maka pertandingan semifinal kedua langsung dilanjutkan dengan tendangan dari titik penalti.

"Sejauh ini masing-masing tim yang berlaga di babak semifinal, juga sudah memahaminya,” pungkas Akhmad Hadian Lukita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini