Semifinal Liga Champions: Real Madrid Belum Pernah Menang atas Chelsea

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 261 2395191 semifinal-liga-champions-real-madrid-belum-pernah-menang-atas-chelsea-0Q4E2X211s.jpg Real Madrid vs Chelsea (Foto: Twitter/@OptaJoe)

REAL Madrid berjumpa Chelsea di semifinal Liga Champions 2020-2021. Real Madrid harus melewati hadangan Chelsea lebih dulu jika mau melaju ke final dan meraih trofi Liga Champions ke-14 pada musim ini.

Namun, Chelsea ternyata bukan lawan yang mudah untuk Los Blancos –julukan Real Madrid. Menurut laporan Opta Joe, Real Madrid belum pernah menang atas Chelsea dengan catatan satu hasil imbang dan dua kekalahan.

Liverpool vs Real Madrid (Foto: Reuters)

Real Madrid dan Chelsea bertemua pertama kali di Piala Winners pada 1971. Dalam pertandingan dua leg, Real Madrid imbang 1-1 dan kalah 1-2 oleh Chelsea.

Real Madrid berkesempatan membalas hasil buruk itu saat berjumpa Chelsea di Piala Super Eropa pada 1998. Akan tetapi, Real Madrid justru kalah 0-1 dari Chelsea sehingga memperburuk rekor petemuan mereka dengan The Blues –julukan Chelsea.

BACA JUGA: Dua Pemain Liverpool dan Real Madrid Berantem, Zidane Malah Tersenyum

Namun, banyak hal terjadi pada Real Madrid dan Chelsea sejak pertemuan terakhir mereka. Kedua tim telah membenahi diri sehingga memiliki peluang yang sama untuk memenangkan pertandingan.

BACA JUGA: Terungkap! Ini Klub yang Dibela Cristiano Ronaldo Musim Depan

Real Madrid dan Chelsea berstatus mantan juara Liga Champions. Akan tetapi, ada perbedaan mencolok dalam jumlah trofi kedua tim besar itu.

Real Madrid berstatus raja Liga Champions dengan koleksi 13 trofi. Sebanyak tiga trofi terakhir diraih Real Madrid secara beruntun. Hanya Real Mardrid yang bisa mempertahankan gelar juara Liga Champions sejak kompetisi berubah format pada musim 1992-1993.

Sementara itu, Chelsea baru sekali menjadi tim terbaik di Benua Eropa, yaitu pada musim 2011-2012. Saat itu, Chelsea juara Liga Champions bersama pelatih sementara, Roberto Di Matteo.

Chelsea vs FC Porto (Foto: Reuters)

Secara pengalaman dan mental, Real Madrid lebih unggul ketimbang Chelsea. Akan tetapi, rekor pertemuan menguntungkan pasukan Thomas Tuchel sehingga sulit memprediksi tim yang akan melaju ke final.

Real Madrid akan menjamu Chelsea lebih dulu pada leg I di Stadion Alfredo Di Stefano, Selasa 27 April 2021. Selanjutnya, Chelsea akan balik menjadi tuan rumah leg II di Stamford Bridge, Selasa 4 Mei 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini