Ke Lombok, Coach Kensuke Takahashi Ziarah ke Makam Bonsu Hasibuan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 51 2394726 ke-lombok-coach-kensuke-takahashi-ziarah-ke-makam-bonsu-hasibuan-RBHGPngy5z.jpg Coach Kensuke Takahashi. (Foto: MNC)

PELATIH Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi berkunjung ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu (10/4/2021). Kunjungan ini adalah yang pertama ke luar Jakarta setelah ia kembali ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Kunjungan ini menjadi napak tilas perjalanan karir kepelatihannya di Indonesia karena di Lombok inilah ia memulai karir di Indonesia, berawal dari Training Center Mataram FC pada tahun 2016 hingga akhirnya mendapatkan tugas sebagai Pelatih Timnas Futsal Indonesia.

Pada kunjungan ini, ia juga melakukan ziarah ke makam sahabatnya, almarhum coach Bonsu Hasibuan. Ken mengatakan sengaja datang ke Lombok, selain untuk berziarah ke makam Bonsu juga karena memang Lombok adalah tempat penting baginya.

Baca juga: Teknik Dasar Bertahan dan Transisi pada Futsal, Tips and Tricks dari Coach Panca Pauji

Baca juga: Kiat Sukses di Luar Lapangan dari Atlet Futsal Tely Limas Sarendra

“Lombok adalah tempat pertama saya datang ke Indonesia. Saya dapat kesempatan datang latihan Mataram FC pada 2016. Saya rasa, kalau tidak ada kejadian itu saya tidak akan berada disini sekarang. Saat itu saya terkejut dengan talenta pemain Indonesia, dan saya tersentuh dengan kebaikan orang Indonesia maka dari itu saya suka Indonesia.”

Mengenai hubungannya dengan almarhum Bonsu, Ken mengatakan Bonsu adalah orang yang sangat baik dan selalu mendukung sambil tersenyum. Ia juga tidak bisa melupakan Bonsu yang selalu melambaikan tangan sambil tersenyum sambil memanggil “Coach” saat berjumpa sebelum pertandingan.

“Saya sangat merasa sedih saat itu tidak adalagi pada sebelum pertandingan Final Four kemarin. Sekitar 1 tahun lalu pada saat saya melatih beberapa klub, ada kesempatan untuk melatih Vamos Mataram. Saat itu kami berdiskusi lama sambil makan bareng dan memegang tactical board di sebelah tangan lainnya. Lalu saya mendengar dari istrinya bahwa dia selalu menyimpan dengan baik kertas yang dtempel pada papan tulis yang digunakan saat latihan waktu itu” kata Kensuke Takahashi.

Menurut Coach Ken, Almarhum Bonsu merupakan pelatih yang sangat bagus dan selalu berjuang untuk kemajuan futsal di Indonesia.

“Pelatih yang sangat bagus dengan semangat dan kemauan belajar yang tinggi terhadap futsal. Saya mengingat lagi sosok beliau yang selalu berjuang agar futsal indonesia bisa lebih baik lagi, agar muncul pemain yang bagus dari Mataram saat saya masuk lagi ke ruang ganti yang sama dengan satu tahun yang lalu saat kita bicara banyak” tambahnya.

Kehilangan sosok almarhum Bonsu, Ken mendengar begitu banyak kenangan tentang Bonsu dari orang-orang terdekatnya. Ken berupaya akan terus berjuang dengan menghargai apa yang sudah ia pelajari dari almarhum Bonsu untuk ke depannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini