Jadi Penentu Digelarnya Liga 1, Bagaimana Penerapan Protokol Kesehatan di Piala Menpora 2021?

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 12 April 2021 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 49 2393430 jadi-penentu-digelarnya-liga-1-bagaimana-penerapan-protokol-kesehatan-di-piala-menpora-2021-H8a2NEXZhq.jpg Salah satu pertandingan Piala Menpora 2021. (Twitter/@persija_jkt)

KOMPETISI sepakbola di Indonesia telah kembali bergulir usai mati suri selama setahun akibat pandemi Covid-19. Ajang Piala Menpora 2021 pun jadi kompetisi pertama yang digulirkan.

Ajang Piala Menpora 2021 pun punya peran penting dalam kelanjutan kompetisi sepakbola di Indonesia. Meski berperan sebagai turnamen pramusim semata, lewat kompetisi ini, izin pertandingan Liga 1 dan 2 pada tahun ini akan ditentukan.

Salah satu pertandingan di Piala Menpora 2021

Lewat ajang Piala Menpora 2021, pihak berwenang, dalam hal ini Polri, bakal melihat seperti apa jalannya pertandingan yang mematuhi protokol kesehatan. Jika pertandingan tak bisa berjalan sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan, bukan tidak mungkin ajang Liga 1 dan Liga 2 2021 tak bisa mendapatkan izin untuk digelar.

Mengingat peran penting ini, lalu bagaimana penerapan protokol kesehatan dalam ajang Piala Menpora 2021 setelah bergulir beberapa pekan?

Ajang Piala Menpora 2021 sendiri diketahui sudah mulai digelar pada 25 April. Diikuti 17 klub, kompetisi dipusatkan di empat tempat saja, yakni Sleman, Malang, Bandung, dan Solo.

BACA JUGA: Dejan Antonic Pastikan PSS Sleman vs Bali United Berlangsung Menarik

Kompetisi pun kini sudah memasuki babak perempatfinal. Tiga tim sudah memastikan tempat ke babak semifinal, yakni Persib Bandung, PSM Makassar, dan Persija Jakarta. Hanya tersisa satu tiket lagi di babak semifinal yang akan diperebutkan Bali United dan PSS Sleman pada malam hari nanti.

BACA JUGA: Protokol Kesehatan Piala Menpora Tuai Pujian, Liga 1 2021 Dapat Sinyal Dihadiri Penonton

Setelah bergulir hampir setengah jalan, penyelenggaraan Piala Menpora 2021 sendiri terbilang berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. 

Penerapan protokol kesehatan tak hanya terjadi di dalam stadion, seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan juga menyemprot disinfektan pada barang-barang yang akan digunakan. Sebelum bertanding, para pemain dan pihak terkait lainnya juga rutin melakukan tes swab antigen.

Piala Menpora 2021

Tak ayal, penerapan protokol kesehatan yang ketat ini mendapat apresiasi langsung dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.

"Piala Menpora sampai saat ini masih berlangsung sesuai dengan perencanaan penyelenggara. Saya berharap tetap akan lancar sebagaimana penyelenggaraan babak penyisihan grup di empat kota," ujar Zainudin Amali beberapa waktu lalu.

Tak hanya mengapresiasi penyelenggaraan Piala Menpora 2021, Zainudin Amali juga menyanjung sikap suporter yang patuh dengan aturan yang ada. Sebab sebagaimana diketahui, para suporter dilarang menyaksikan pertandingan langsung di stadion dan juga berkerumum dengan mengadakan nonton bareng.

Menpora Zainudin Amali

"Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada para suporter dan pendukung masing-masing tim serta masyarakat umumnya yang telah menonton dari rumah masing-masing,” tutur Zainudin Amali.

“Tidak berkerumun dengan mengadakan nonton bareng. Semoga ini bisa dipertahankan terus," lanjutnya.

Dengan kondisi ini, lampu hijau untuk penyelenggaraan Liga 1 dan 2 2021 sangat mungkin didapat. Jika bisa berjalan sesuai rencana, dua kompetisi sepakbola bergengsi di Indonesia itu akan mulai digelar pada 11 Juni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini