Guardiola Punya Catatan Apik Lawan Borusisa Dortmund, Man City Menang Mudah?

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 05:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 261 2389937 guardiola-punya-catatan-apik-lawan-borusisa-dortmund-man-city-menang-mudah-7O6O5qWTuh.jpg Pep Guardiola. (Foto/Reuters)

MANCHESTER Manchester City akan menyambut wakil Jerman, Borussia Dortmund pada leg pertama perempatfinal Liga Champions 2020-2021 di Stadion Etihad pada Rabu, 7 April. Pep Guardiola memiliki catatan yang apik saat membawa timnya menghadapi Die Borussen.

Sebelum mengasuh Man City, Pep Guardiola mencoba tantangan sepakbola Jerman, dengan melatih Bayern Munich. Dia melatih raksasa Bavaria mulai 2013 hingga 2016.

Foto/Reuters

Selama berkarier di Jerman, tim asuhannya telah menghadapi Borussia Dortmund sebanyak sebelas pertandingan.

Baca juga: Jelang Man City vs Dortmund, Guardiola Tak Hanya Waspadai Erling Haaland

Dari jumlah laga itu, Munich asuhan Guardiola cukup gemilang. Eks pelatih Barcelona itu enam kali mempencundangi Dortmund, mengalami empat kekalahan dan imbang sekali.

Baca juga: Real Madrid Diremehkan Jelang Hadapi Liverpool, Zidane Buka Suara

Dalam lima pertemuan terakhir, Guardiola hampir sempurna mengalahkan Dortmund. Bayern Munich hanya kalah sekali dari lima pertemuan terakhir pada semifinal DFB Pokal 2014-2021. Saat itu tim Guardiola dipermalukan Dortmund dengan skor 3-1.

Sementara pada laga terakhir yang terjadi Liga Jerman 2015-2016, Pep Guardiola mengalahkan Dortmund. Laga saat itu berjalan ketat dengan skor akhir 4-2 pada 2016 silam.

Sedangkan selama mengasuh Man City sejak 2016 silam, timnya belum pernah menghadapi Borussia Dortmund yang kini ditangani Edin Terzic. Pep menjelaskan bahwa kekuatan Dortmund tak hanya terletak pada Erling Haaland.

"Jika ada satu orang di Manchester yang mengenal Borussia Dortmund, itu adalah saya. Saya tidak akan menemukan satu pemain pun di klub mereka yang tidak berkualitas. Mereka memiliki kualitas luar biasa,” ujar Guardiola mengutip dari laman Man City, Selasa (6/4/2021).

Foto/Reuters

"Selama satu atau dua pertandingan, mereka mampu melakukan apa saja. Saya sangat menghormati apa yang telah dilakukan Dortmund. Saya tahu kualitas mereka.”

"Bukan hanya Haaland, tapi Jadon Sancho, Marco Reus, Mo Dahoud, dan Hummels. Saya sangat terkesan dengan kualitas yang dia miliki. Ketika mereka bisa lari, mereka ‘membunuh’ Anda, kualitas ada di sana,” pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini