Raffi Ahmad Akuisisi Cilegon FC, Marc Klok: Mengelola Klub Sepakbola Bukan Perkara Mudah

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 02 April 2021 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 02 49 2388418 raffi-ahmad-akuisisi-cilegon-fc-marc-klok-mengelola-klub-sepakbola-bukan-perkara-mudah-OueGaiv8tr.jpg Peresmian RANS Cilegon FC. (Foto/Antara)

JAKARTA – Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok mengomentari pemberitaan soal akuisisi klub sepakbola. Meski tak menyebut nama, pemain kelahiran Belanda itu menjelaskan bahwa mengelola klub sepakbola bukan perkara mudah.

Sebelumnya aktor dan presenter Raffi Ahmad, pemilik RANS Entertainment, bersama Prestige Motocars, mengakuisisi klub sepakbola Cilegon United FC, dan mengubah namanya menjadi RANS Cilegon FC.

Foto/Twitter

Raffi Ahmad dan Rudy Salim tidak menyebut nilai akuisisi klub. Namun, mengutip Antara, Jumat (2/4/2021) Rudy mengungkapkan besaran investasi mencapai Rp300 miliar. RANS Cilegon FC sendiri akan berlaga di Liga 2.

Baca juga: Persija Jakarta Dapat Tambahan Kekuatan Jelang Perempatfinal Piala Menpora 2021, Siapa Dia?

Rudy mengatakan pembangunan klub, termasuk infrastruktur penunjang seperti lapangan sepakbola di 10 kota. Dia dan Raffi juga akam membangun akademi sepak bola, menelan biaya di atas Rp300 miliar.

Baca juga: Raffi Ahmad Akuisisi RANS Cilegon FC, Netizen: Masyarakat Diuntungkan

Anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangaraep lebih dulu bergerak masuk ke dunia sepakbola. Dia bersama Erick Thohir, dan Kevin Nugroho menjadi pemilik saham Persis Solo, yang baru. Persis juga bermain di Liga 2.

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang memiliki 40 persen saham Persis, sementara Kevin 30 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir 20 persen dari total 90 persen saham PT PSS yang ditawarkan. Sementara sisa 10 persen masih untuk 26 klub internal.

Marc Klok melalui akun Twitter-nya turut mengomentari pemberitaan akuisisi klub yang ramai disiarkan. Dia menuturkan bahwa mengelola klub sepakbola banyak rintangan dan tantangan.

“Ramai akuisisi klub. Tapi mengelola klub sepak bola bukan perkara mudah ternyata,” tulisnya.

“Banyak rintangan dan tantangan, seperti yang diceritakan salah satu dokumenter terbaik pengolaan klub sepak bola Italia: Como 1907.”

“Siapa yang punya cita-cita punya klub sepakbola?” tambah dia.

Foto/Twitter

Como 1907, yang dimaksud Marc Klok adalah klub yang bermain di kasta ketiga Liga Italia. Klub ini dibeli konglomerat Indonesia, dua bersaudara pendiri grup Djarum, Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono pada 2019 silam. Kisah Como 1907 tersaji dalam film dokumenter berjudul, "The American: Como 1907".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini