Maurizio Sarri Saja Dipecat Juventus, Apalagi Pirlo!

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 47 2386969 maurizio-sarri-saja-dipecat-juventus-apalagi-pirlo-H4fEhKPbiW.jpg Masa depan Pirlo bersama Juventus berada di ujung tanduk. (Foto: Twitter/@Pirlo_Official)

TURIN – Mantan pemain Juventus, Claudio Gentile, meyakini ada revolusi di tubuh Juventus, seiring kegagalan Bianconeri –julukan Juventus– musim ini. Dalam pandangan Gentile, juru taktik Juventus, Andrea Pirlo, diprediksi menjadi sosok pertama yang dikorbankan dalam revolusi ini.

Pirlo mengambil tawaran menangani Juventus pada 8 Agustus 2020. Keputusan teramat berani diambil Pirlo. Sebab, pria 42 tahun ini tidak mempunyai pengalaman menangani klub profesional sebelumnya.

Andrea Pirlo

(Pirlo segera dipecat Juventus?)

Uniknya, sembilan hari sebelum diangkat sebagai pelatih Juventus, ia baru saja menerima tawaran menjadi juru taktik skuad U-23 si Nyonya Tua. Karena minim pengalaman di level manajerial, Pirlo gagal mengerek performa Juventus.

Hingga pekan ke-28 Liga Italia 2020-2021, Juventus tertahan di posisi empat dengan 55 angka. Bianconeri tertinggal 10 angka dari Inter Milan di tangga teratas.

Di Liga Champions, langkah Juventus terhenti di babak 16 besar. Ironisnya, klub yang menyingkirkan Juventus adalah FC Porto, klub yang secara materi peman jauh di bawah Bianconeri .

BACA JUGA: Sergio Aguero Tinggalkan Man City, ke Juventus atau Barcelona?

Merujuk hasil yang didapat musim lalu, performa Juventus musim ini lebih buruk. Musim lalu di bawah arahan Maurizio Sarri, Juventus mendapatkan trofi Liga Italia, menembus final Coppa Italia dan juga terhenti di babak 16 besar Liga Champons.

Meski memberikan trofi Liga Italia, Maurizio Sarri dipecat di akhir musim 2019-2020. Melihat fakta musim lalu, hanya masalah waktu bagi Andrea Pirlo untuk menerima palu pemecatan dari manajemen si Nyonya Tua.

Maurizio Sarri

(Sarri persembahkan trofi Liga Italia kepada Juventus)

“Faktanya cukup jelas. Juventus biasanya membuat revolusi kecil ketika ada kegagalan. Tentu saya kecewa (sebagai mantan pemain Juventus atas performa Juventus). Namun, saya tidak mau menyalahkan Pirlo. Ini bisa dijadikan pengalaman baginya. Mungkin Pirlo belum siap (menangani Juventus),” kata Gentile yang 11 tahun membela Juventus, mengutip dari Football Italia.

“Musim ini merupakan salah satu musim terburuk Juventus. Sangat masuk akal terjadi perubahan ketika musim tidak berhasil, dan mulai memikirkan siapa yang harus diganti,” lanjut Gentile.

Sejumlah nama muncul sebagai calon pengganti Pirlo. Mulai dari Gian Piero Gasperini (Atalanta), Simone Inzaghi (Lazio) hingga Luciano Spalletti. Namun, kabarnya Juventus masih membidik pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini