Frets Buruan, Solusi Persib Bandung saat Minim Penyerang

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 49 2384058 frets-buruan-solusi-persib-bandung-saat-minim-penyerang-OvcjSJO8oF.jpg Frets Butuan (tengah) saat berduel dengan Willian Pacheco. (Foto: Persib.co.id)

SLEMAN – Nama Frets Butuan menjadi sorotan kelar laga Persib Bandung vs Bali United di matchday pertama Grup D Piala Menpora 2021, Rabu 24 Maret 2021 malam WIB. Pemain asal Ternate ini menjadi sorotan karena menjadi penyelamat Persib Bandung dari kekalahan.

Gol Frets Butuan di menit 89 membuat skor akhir Persib Bandung vs Bali United sama kuat 1-1. Sebelumnya, Frets Butuan dikenal sebagai winger yang biasa beroperasi di area kiri.

Robert Rene Alberts

(Robert Alberts mainkan Frets Butuan sebagai penyerang. Foto: Persib.co.id)

Namun, memasuki 2021, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menjajal Frets Butuan di posisi lain, tepatnya penyerang. Apa alasannya?

Alasannya karena keterbatasan penyerang yang dimiliki Persib Bandung jelang mengarungi Piala Menpora 2021. Di Liga 1 2020, Persib Bandung mempunyai empat penyerang yakni Wander Luiz, Geoffrey Castillion, Beni Oktovianto dan Zulham Zamrun.

Namun, dari empat nama di atas, tiga di antaranya meninggalkan Persib Bandung. Zulham Zamrun hengkang ke PSM Makassar, Beni Oktovianto berlabuh ke Barito Putera dan Geoffrey Castillion dipinjamkan ke klub kasta ketiga Liga Italia, Como.

Bagaimana dengan Wander Luiz? Karena terkendala masalah administrasi, Wander Luiz baru tiba di Bandung pada Senin 22 Maret 2021.

BACA JUGA: Hoax Audio Persib vs Bali United, Penyelenggara Imbau Netizen Jangan Buat Gaduh Piala Menpora 2021

Benar, Persib Bandung mendatangkan dua penyerang anyar yakni Ferdinand Sinaga dan Ezra Walian. Namun, dua nama ini mesti beradaptasi lebih dulu, sehingga pelatih Robert memilih memaksimalkan potensi Frets Butuan.

Frets Butuan diturunkan sebagai penyerang saat Persib Bandung melakoni laga uji coba kontra tim PON Jawa Barat dan Porda Jawa Barat. Hasilnya, Frets Butuan mencetak dua gol saat Persib menang 3-1 atas PON Jawa Barat. Kemudian, ketika Persib menggilas tim Porda Jawa Barat 5-0, Frets Butuan mengemas satu bola.

Frets Butuan

(Frets Butuan (21) selamatkan Persib Bandung dari kekalahan. Foto: Persib.co.id)

Kemarin malam, Frets Butuan juga diturunkan sebagai penyerang, berduet dengan Ferdinand Sinaga. Ketika Ferdinand Sinaga ditarik di menit 61 digantikan Wander Luiz, Frets Butuan masih bermain hingga menyelamatkan Persib Bandung dari kekalahan.

"Kami mengubah posisinya (Frets Butuan) sedikit karena mengawali turnamen ini, para striker kami terbatas. Tapi pada dasarnya, Frets bisa bermain baik sebagai gelandang serang maupun striker," kata Robert mengutip dari laman resmi Persib, Kamis (25/3/2021).

"Selama pertandingan, posisi Frets selalu berubah. Di awal memang dia diplot untuk mengisi posisi itu tapi ketika pertandingan berlangsung, dia juga bermain baik sebagai pemain sayap," tutup Robert yang membawa Arema FC juara Liga Super Indonesia 2009-2010.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini