Share

Patrich Wanggai Jadi Korban Pelecehan Rasisme, PSSI Mengecam

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 49 2383949 patrich-wanggai-jadi-korban-pelecehan-rasisme-pssi-mengecam-hcj1FtRR5j.jpg Patrich Wanggai. (Foto/PSM Makassar)

JAKARTA - Pemain PSM Makassar, Patrich Wanggai menjadi korban pelecehan rasisme oleh oknum suporter di media sosial. Hal ini terjadi usai PSM Makassar menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta pada laga grup B Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Senin 22 Maret 2021.

Banyak netizen menyerbu kolom komentar di Instagram Patrich Wanggai, @wanggapatrich. Sejumlah kalimat kasar muncul dan rasisme di kolom komentar Instagram Patrich Wanggai.

Baca juga: Satu Pelaku Rasisme Tertangkap, Minta Maaf kepada Patrich Wanggai

Terkait hal ini Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi angkat suara. Dia menegaskan bahwa PSSI menentang segala macam bentuk rasisme.

Foto/PSSI

Hal ini, kata dia, semua orang itu sama. Tidak boleh dibedakan apalagi warna kulit.

"Tentu kami menyesalkan tindakan oknum netizen yang mengatakan rasisme kepada saudara Patrich Wanggai,” ujarnya mengutip laman PSSI, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Jadi Korban Rasisme, Ini Respons Menyentuh Penyerang PSM Patrich Wanggai

“PSSI sangat menentang dan meminta semua suporter dan netizen di Indonesia untuk meninggalkan rasisme."

"Jangan sampai kejadian ini terulang kembali. PSSI akan terus memberikan edukasi serta butuh dukungan semua pihak untuk memerangi rasisme di sepak bola Indonesia," tambahnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menyebut bahwa pihaknya mempersilakan jika PSM atau Wanggai melaporkan kasus rasisme yang diterimanya kepada pihak Polri.

"Karena itu sudah memasuki ranah pribadi. Andai rasisme terjadi di lapangan, pasti wasit akan mencatat dan kasusnya langsung dilanjutkan ke Komite Disiplin PSSI," kata Akhmad Hadian.

Foto/Instagram

LIB pun meminta suporter untuk lebih bijak bersikap dan berkomentar di media sosial.

Wanggai mencetak gol pertama dalam laga Persija vs PSM Makassar. Gol kedua PSM dicetak Yakob Sayuri.

Saksikan Live Piala Menpora melalui K-Vision (www.k-vision.tv) dengan Format High Definition di saluran On Channel

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini