5 Momen Lionel Messi Hampir Tinggalkan Barcelona, Kapan Saja?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 46 2379918 5-momen-lionel-messi-hampir-tinggalkan-barcelona-kapan-saja-LSpkpWrWJF.jpg Pemain Barcelona, Lionel Messi. (Foto: Laman resmi Barcelona)

KABAR kepergian Lionel Messi dari Barcelona pada musim panas 2021 semakin kencang semenjak Blaugrana gugur dari babak 16 besar Liga Champions 2020-2021. Kegagalan Barcelona itu membuat keinginan Messi untuk hengkang pada jendela transfer mendatang pun semakin besar.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa Messi sudah beberapa kali hampir pergi meninggalkan Barcelona? Tercatat Messi sudah lima kali hampir pergi dari Camp Nou sejak ia bergabung dengan Barcelona pada 2000 silam. Kapan saja momen tersebut terjadi?

Berikut Lima Momen Lionel Messi Hampir Tinggalkan Barcelona, Mengutip dari Sportskeeda:

5. 2003 (Peluang Pindah: Kecil)

Lionel Messi

Pada 2003 Arsenal berhasil mendatangkan Cesc Fabregas dari akademi Barcelona. Pada saat itu, ternyata Arsenal pun tak mengincar Fabregas saja namun Lionel Messi juga masuk ke dalam radang pelatih The Gunners saat itu, yakni Arsene Wenger.

Wenger cukup tertarik dengan Messi dan berupaya mendatangkannya ke Arsenal. Namun, Barcelona dikabarkan enggan menjual Messi karena meski masih muda, tapi pemain asal Argentina itu sudah memperlihatkan kemampuan yang luar biasa.

4. Juni 2014 (Peluang Pindah: Kecil)

Lionel Messi

Musim 2013-2014 mungkin menjadi musim terburuk yang pernah dialami Lionel Messi di Barcelona baik secara pribadi maupun kolektif. Pada saat itu Barcelona kalah di final Copa del Rey dari Real Madrid tanpa Cristiano Ronaldo. Barcelona juga dihabisi Atletico Madrid di Liga Champions saat di babak perempat final.

Pada musim tersebut Messi berjuang dengan cedera, dengan empat masalah kebugaran berbeda yang membuatnya absen selama lebih dari tiga bulan selama kompetisi di tahun tersebut.

Masalah berjuangnya Tito Vilanova dengan penaykitnya kanker juga dikabarkan telah membebani Messi, dan semua itu dilaporkan menyebabkan rasa lelah di pihak Messi, yang kabarnya membuatnya mempertimbangkan untuk meninggalkan Barcelona.

Asisten Vilanova, Jordi Roura, berbicara tentang insiden itu pada 2019 dan mengatakan bahwa mendiang manajer Barcelona akhirnya meyakinkan Messi untuk bertahan.

3. 2005 (Peluang Pindah: Besar)

Lionel Messi

Lionel Messi mulai menjadi andalan tim utama Barcelona pada musim 2004-2005. Dia menandatangani kontrak profesional pertamanya pada Juni 2005 setelah berusia 18 tahun. Klausul pembeliannya saat itu adalah 150 juta euro.

Messi tampil mengesankan dalam trofi Joan Gamper melawan Juventus asuhan Fabio. Berkat aksinya itu, Messi pun menerima tepuk tangan meriah dari Camp Nou. Terkesan dengan apa yang mereka lihat, Juventus mengajukan tawaran untuk meminjamkan Lionel Messi, sementara Inter Milan menawarkan untuk membayar klausul pelepasan 150 juta euro dan tiga kali lipat gajinya.

Menurut Joan Laporta, itulah satu-satunya saat Barcelona nyaris kehilangan Lionel Messi selama masa jabatan pertamanya. Laporta juga mengungkapkan kesediaan Inter Milan untuk membayar nilai penuh dari klausul pelepasan Messi tetapi menyatakan bahwa dia yakin Lionel Messi ditakdirkan untuk menjadi legenda Barcelona.

Lionel Messi menandatangani kontrak lain dengan Barcelona pada September 2005, hanya tiga bulan setelah kontrak pertamanya. Itu memperpanjang komitmennya ke Barcelona hingga 2014, sekaligus menaikkan klausul pelepasannya menjadi 250 juta euro.

2. Juni 2016 (Peluang Pindah: Sangat Kuat)

Lionel Messi

Lionel Messi didakwa melakukan penggelapan pajak oleh otoritas Spanyol. Gara-gara kasus itu dia dan ayahnya sekaligus agennya Jorge Messi dinyatakan bersalah atas penipuan pajak pada Juni 2016.

Hukuman penjara 21 bulan dijatuhkan kepada Lionel Messi, yang kemudian dikurangi menjadi denda 255 ribu euro. Lionel Messi terus-menerus mengaku tidak bersalah dalam masalah tersebut dan mengatakan bahwa dia merasa menjadi korban oleh pemerintah Spanyol.

Pada musim panas yang sama, Manchester City dilaporkan mendekati Lionel Messi, yang diakui pemain itu dengan serius dipertimbangkan. Prospek bermain di bawah Josep Guardiola dan bersama teman dekatnya Sergio Aguero membuat Lionel Messi berpikir untuk pindah ke Manchester City. Namun, itu tidak terjadi, banyak yang melegakan Barcelona dan penggemar mereka.

1. Agustus 2020 (Peluang Pindah: Sangat Kuat)

Lionel Messi

Pada Agustus 2020, Messi secara mengejutkan telah mengirimi surat kepada pihak Barcelona untuk melepaskannya di bursa transfer musim panas 2020. Messi mencoba mengaktifkan salah satu klausul yang membuatnya bisa pergi sebelum Juni.

Pada saat itu karena wabah virus corona, Messi berharap tetap bisa mengaktifkan klausul lepasnya sebelum Juni pada Agustus 2020. Sebab kompetisi pun pada dasarnya diundur beberapa bulan karena harus melakukan lockdown.

Akan tetapi, nyatanya Barcelona tak membolehkan hal tersebut. Alhasil, Messi kini masih membela Barcelona dan dikabarkan niat untuk hengkang akan kembali dilakukan Messi pada musim panas 2021 ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini