Chelsea Beruntung Atletico Madrid Tak Dihadiahi Penalti

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 261 2379799 chelsea-beruntung-atletico-madrid-tak-dihadiahi-penalti-VWYO8mpSih.JPG Pelanggaran Cesar Azpilicueta tidak dianggap penalti (Foto: Reuters/David Klein)

LONDON – Kontroversi terjadi pada laga leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions 2020-2021 antara Chelsea vs Atletico Madrid, Kamis (18/3/2021) dini hari WIB. Si Biru dianggap beruntung karena wasit Daniele Orsato tidak memberikan hadiah penalti kepada lawan.

Insiden kontroversial itu terjadi beberapa saat sebelum Chelsea mencetak gol pertama lewat kaki Hakim Ziyech (34’). Winger Atletico Madrid, Yannick Carrasco, berhasil menyerobot backpass ceroboh dari Cesar Azpilicueta di depan kotak penalti.

Baca juga: Bersama Kante, Chelsea Unggul Setengah Pemain dari Atletico Madrid

Pemain asal Belgia itu kemudian menggiring bola ke dalam kotak penalti. Cesar Azpilicueta berusaha menghalangi laju Carrasco dengan mengapitnya menggunakan lengan. Yannick Carrasco terjatuh dan pemain-pemain Atletico Madrid lain meminta wasit menghadiahi tendangan 12 pas.

Pemain Atletico Madrid mengerubungi wasit Daniele Orsato (Foto: Reuters/David Klein)

Namun, Daniele Orsato bergeming dengan protes. Petugas VAR, Massimiliano Irrati, juga tidak memberi tahu apa-apa. Jadilah, Chelsea lolos dari hukuman penalti. Bahkan, dari serangan balik kilat, lahir gol dari kaki Hakim Ziyech.

Baca juga: Punya Pertahanan Rapat, Chelsea Juara Liga Champions 2020-2021?

Mantan pemain Chelsea, Joe Cole, mengakui wasit seharusnya memberi hadiah penalti. Paling tidak, VAR dapat memberi tahu wasit untuk melihat tayangan ulang di layar.

“Chelsea benar-benar beruntung lolos dari hukuman. Cesar tahu dia bersalah tetapi mengatasinya dengan pintar. Di masa seperti ini, saya tidak mengerti mengapa wasit tidak bertanya ke VAR dan melihatnya sendiri,” tutur Joe Cole, disitat dari Daily Mail, Kamis (18/3/2021).

Pernyataan senada diungkapkan Rio Ferdinand. Mantan bek berpaspor Inggris itu yakin wasit Daniele Orsato bakal memberi hadiah penalti andai melihat tayangan ulang via VAR.

“Ini alasan mengapa VAR menjadi lelucon. Sekali wasit melihatnya, saya yakin 100% penalti akan diberikan. Ini adalah contoh lain di mana kita seharusnya bisa membaca dialog antara wasit dengan orang yang bertugas di VAR,” tegas Rio Ferdinand.

Hakim Ziyech mencetak gol (Foto: Reuters/David Klein)

Sayangnya, pendapat berbeda disampaikan Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. Pria berkebangsaan Argentina itu memilih menghindar dari kontroversi dan memuji penampilan Chelsea yang dinilai luar biasa.

“Saya tidak mau mencari-cari alasan. Chelsea bermain lebih baik. Ketika rival bermain lebih baik, Anda harus memberi selamat,” ucap Diego Simeone, melansir dari Football Espana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini