Bersama Kante, Chelsea Unggul Setengah Pemain dari Atletico Madrid

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 261 2379759 bersama-kante-chelsea-unggul-setengah-pemain-dari-atletico-madrid-L9ssfODmRx.JPG NGolo Kante bikin Chelsea unggul setengah pemain (Foto: Reuters/David Klein)

LONDON – Penampilan luar biasa ditunjukkan N’Golo Kante saat membantu Chelsea menang 2-0 atas Atletico Madrid pada leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions 2020-2021, Kamis (18/3/2021) dini hari WIB. Juru taktik Si Biru, Thomas Tuchel, tak kuasa melayangkan pujian.

Gol dari Hakim Ziyech dan Emerson Palmieri memastikan kemenangan Chelsea atas Atletico Madrid. Klub asal London Barat itu menyegel tempat di Perempatfinal Liga Champions 2020-2021 berkat keunggulan agregat 3-0.

Baca juga: Punya Pertahanan Rapat, Chelsea Juara Liga Champions 2020-2021?

Memang, mudah untuk melayangkan pujian kepada Hakim Ziyech dan Emerson Palmieri sebagai pahlawan kemenangan. Akan tetapi, bagi Thomas Tuchel, kredit tersendiri pantas diberikan kepada N’Golo Kante.

Aksi N'Golo Kante (Foto: Reuters/David Klein)

Duetnya bersama Mateo Kovacic di lini tengah, sukses mematikan langkah Atletico Madrid. Kerja keras serta determinasi tinggi tak kenal lelah N’Golo Kante membuat Tuchel merasa Chelsea bermain dengan 11,5 pemain.

Baca juga: Lagi, Atletico Tersingkir Bukan karena Cristiano Ronaldo atau Real Madrid

“Saya tidak pernah tahu usia pemain jika melihat dari penampilannya. Jika Anda bermain dengannya (Kante), Anda unggul setengah pemain karena dia memberikan intensitas dan volume yang luar biasa sekaligus unik,” papar Thomas Tuchel, dikutip dari Goal, Kamis (18/3/2021).

“Sebuah kepuasan tersendiri dapat menjadi pelatihnya, sebuah hadiah luar biasa sebetulnya buat saya, dia adalah penolong yang luar biasa di lapangan. Jangan remehkan juga kualitasnya dalam hal mengolah bola serta lepas dari tekanan lawan,” imbuh pria berpaspor Jerman itu.

Statistik cukup membuktikan peran penting N’Golo Kante dalam laga tersebut. Gelandang berpaspor Prancis itu setidaknya melepas dua umpan kunci. Ia juga menjadi pemain dengan sentuhan terhadap bola terbanyak kedua di Chelsea (97) setelah Cesar Azpilicueta (100 kali) sepanjang 90 menit.

Dari segi defensif, N’Golo Kante tidak kalah impresif. Pemain berusia 31 tahun itu tercatat dua kali melakukan intersep sukses dan dua kali pula menyapu bola dari lini pertahanan. Tak ayal, Thomas Tuchel begitu bergembira.

Chelsea menang berkat gol Hakim Ziyech (Foto: Reuters/David Klein)

“Dia bisa terus memperbaiki diri dengan bola, tetapi sungguh fantastis memilikinya. Kova (Mateo Kovacic) dan Kante dibutuhkan hari ini dan mereka berdua tahu dapat diandalkan,” puji Thomas Tuchel.

“Mereka menanggung beban itu di pundak masing-masing dan bekerja dengan fantastis,” tutup mantan Pelatih Paris Saint-Germain (PSG) itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini