Timnas Indonesia U-23 Sikat Bali United, Shin Tae-yong Bilang Begini

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 51 2373945 timnas-indonesia-u-23-sikat-bali-united-shin-tae-yong-bilang-begini-Ixok9JDVWo.jpeg Timnas Indonesia U-23 semakin baik (Foto: PSSI)

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 kembali meraih kemenangan pada laga uji coba kontra Bali United dengan skor 3-1, Minggu 7 Maret 2021 malam WIB. Pelatih Shin Tae-yong menilai kemenangan kali ini lebih baik dibandingkan hasil sebelumnya melawan PS Tira Persikabo.

Uji coba kedua dalam sepekan terakhir ini merupakan prakarsa dari sang pelatih. Shin Tae-yong berharap anak asuhnya dapat memainkan sebanyak mungkin pertandingan agar semakin terasah dengan strategi yang diinginkannya.

Baca juga: Timnas Indonesia U-23 Gasak Bali United 3-1

Pada laga melawan Bali United, Shin Tae-yong kembali menggeber formasi 4-4-2. Permainan menyerang diperagakan sejak menit awal. Namun, mereka baru bisa meraih gol pada menit 36 lewat tandukan Kushedya Hari Yudo.

Suasana pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Bali United (Foto: PSSI)

Dua gol berikutnya bagi Timnas Indonesia U-23 dicetak Koko Ari (69’) dan Osvaldo Haay (76’). Sedangkan Bali United baru bisa membalas lewat Lerby Eliandry di menit 84. Kemenangan itu membuat sang pelatih cukup puas.

Baca juga: Kushedya Bawa Timnas Indonesia U-23 Ungguli Bali United di Paruh Pertama

“Hasil ini lebih baik daripada kemarin (laga melawan PS Tira Persikabo). Pergerakan pemain semakin bagus. Yang jelas, semakin banyak pertandingan, anak-anak akan semakin bagus,” ujar Shin Tae-yong kepada media selepas pertandingan, Senin (8/3/2021).

Ketika disinggung soal taktik 4-4-2 yang terus dipakai, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu memastikan formasi dasar bisa berubah. Untuk sementara waktu, Shin Tae-yong ingin membiasakan penggawa Timnas Indonesia bermain dengan formasi dasar 4-4-2.

Pria berusia 58 tahun itu tidak menutup kemungkinan untuk mengubah pakem yang selama ini dipakainya. Namun, hal tersebut bisa dilakukan ketika para pemain sudah mulai bisa beradaptasi dengan baik.

“Kita akan (terus) menggunakan formasi 4-4-2. Itu akan diutamakan. Kalau sudah beradaptasi bisa pakai formasi 4-3-3 atau 3-5-2,” ucap Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-23 gunakan pakem 4-4-2 (Foto: Twitter/@PSSI)

“Nanti akan ada saatnya pakai formasi lain,” imbuh Pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Selepas uji coba, para pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing. Shin Tae-yong berharap anak asuhnya bisa terus menjaga performa serta kebugaran saat berada di klub. Tak lupa, mereka diminta menjadi contoh bagi rekan setimnya lantaran berstatus pemain timnas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini