Liverpool vs Chelsea: Thomas Tuchel Baru Menang Dua Kali Atas Jurgen Klopp

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 45 2371734 liverpool-vs-chelsea-thomas-tuchel-baru-menang-dua-kali-atas-jurgen-klopp-uT5WV25Ibt.jpg Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp. (Foto/Bundesliga)

LIVERPOOl Liverpool akan menghadapi Chelsea pada pekan ke-27 Liga Inggris 2020-2021 di Anfield, Jumat 5 Maret 2021 dini hari WIB. Sejauh ini, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp unggul jauh saat melawan, Thomas Tuchel, yang kini melatih Chelsea.

Klopp dan Tuchel merupakan pelatih asal Jerman. Keduanya pernah menangani klub yang sama, yakni Mainz 05 dan Borussia Dortmund.

Foto/Reuters

Tuchel sudah dua kali menggantikan peran yang ditinggalkan Jurgen Klopp saat berada di Jerman. Pertama, saat Klopp pindah dari Mainz 05 menuju, Borussia Dortmund. Tuchel direkrut untuk mengganti juru taktik Mainz 05.

Baca juga: Meski Miliki Kepa dan Mendy, Chelsea Masih Mau Datangkan Donnarumma

Begitu juga saat Jurgen Klopp hengkang menuju Liverpool. Thomas Tuchel langsung menggantikan peran “seniornya” tersebut.

Baca juga: Ketimbang Everton, Liverpool dan Chelsea Lebih Berpeluang Finis di Empat Besar

Sejauh ini Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel telah bertemu sebanyak 14 kali dengan beberapa klub berbeda. Dari jumlah laga tersebut, Tuchel hanya berhasil menang dua kali atas Jurgen Klopp.

Kemenangan Tuchel atas Klopp pertama kali terjadi saat dirinya mengasuh Mainz 05. Bertemu Borussia Dortmund di Liga Jerman 2009-2010, Mainz 05 asuhan Tuchel menang 1-0 di kandang mereka.

Kemudian hasil positif Tuchel atas Jurgen Klopp terjadi saat dia melatih Paris Saint Germain, sedangkan Klopp sudah melatih Liverpool.

Bertemu di Liga Champions di fase grup Liga Champions 2018-2019, PSG menjamu Liverpool di Stade de Princess. Saat itu, PSG asuhan Thomas Tuchels menang dengan skor 2-1. Itu menjadi pertemuan terakhir kedua pelatih di seluruh kompetisi manapun.

Kini, Thomas Tuchel menjadi melatih Chelsea, sementara Jurgen Klopp masih melatih Liverpool. Pertemuan mendatang, menjadi pertemuan pertama keduanya di Liga Inggris.

Foto/Reuters

Chelsea kini berada di posisi kelima dengan meraih 44 poin. Pada laga terakhir, mereka bermain seri tanpa gol dengan Manchester United.

Sedangkan Liverpool menempel ketat satu peringkat di bawah Chelea dengan selisih satu poin. Pada pertandingan terakhir, The Reds—julukan Liverpool—mengakhiri kekalahan mereka dengan meraih hasil positif usai menaklukkan tim juru kunci Sheffield United.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini